Sikat Gigi atau Berkumur dengan Mouthwash Dulu, Mana yang Benar?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 481 2212563 sikat-gigi-atau-berkumur-dengan-mouthwash-dulu-mana-yang-benar-J2IOlMtECC.jpg Sikat Gigi Dulu atau Berkumur Dulu (Foto: Shutterstock)

Sikat gigi menjadi kebiasaan rutin yang tak boleh ditinggalkan, terutama setelah makan dan jelang tidur. Dokter gigi bahkan sekarang mengimbau masyarakat untuk memastikan sikat gigi yang benar karena dapat mencegah COVID-19.

Bicara mengenai sikat gigi yang benar, jika selama ini Anda beranggapan bahwa sikat gigi itu diakhiri dengan kumur-kumur dengan mouthwash, maka jangan terapkan hal itu lagi. Sebab, cara tersebut keliru dan malah merusak gigi lebih cepat.

Hal tersebut disampaikan seorang netizen melalui video TikTok dan dikonfirmasi benar oleh seorang dokter gigi. Ya, dalam video TikTok yang diunggah @kassyslays90, suaminya diketahui punya kebiasaan aneh dan ternyata itu yang harusnya dilakukan.

(Baca Juga : Rajin Sikat Gigi Dapat Cegah Penularan COVID-19)

Jadi, sebelum menggosok gigi, suaminya berkumur terlebih dulu, lalu menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, dan ditutup dengan gosok gigi pada umumnya. Alasannya cukup terdengar ilmiah.

"Jika Anda berkumur dengan mouthwash beralkohol di akhir, itu akan menghilangkan flour yang baru kamu taruh di gigimu saat sikat gigi. Jadi, berkumur dulu untuk membunuh kuman, kemudian menutupnya dengan sikat gigi," terang si suami dalam video.

Teknik ini mungkin asing bagi telinga Anda, tapi ternyata dibenarkan oleh dokter gigi. Dikatakan Juru Bicara British Dental Association, apa yang dilakukan pria itu benar, berkumur dulu baru kemudian sikat gigi.

(Baca Juga : Sikat Gigi saat Puasa Ramadhan, Bagaimana Hukumnya?)

"Jangan berkumur setelah sikat gigi, karena akan menghilangkan flour yang membuat gigi lebih mudah rusak," kata jubir tersebut. "Jika Anda rutin berkumur, gunakan barang tersebut sebelum sikat gigi agar tidak membilas pelindung gigi," sambungnya.

Jubir itu mengingatkan untuk rutin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Usahakan sikat gigi selama 2 menit menggunakan pasta gigi berflouride supaya memberikan nutrisi baik untuk gigi.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini