Pedasnya Ikan Mangmung Bumbu Rujak Buatan Susi Pudjiastuti, Bisa Buat Sahur Besok

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 298 2212801 pedasnya-ikan-mangmung-bumbu-rujak-buatan-susi-pudjiastuti-bisa-buat-sahur-besok-5H51jjX2m8.jpg Ikan mangmung ala Susi Pudjiastuti. (Foto: YouTube Susi Pudjiastuti)

MANTAN Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti memanfaatkan waktu luangnya di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk membagikan resep masakan kepada para netizen. Wanita asal Pangandaran, Jawa Barat tersebut membagikan resep membuat ikan mangmung bumbu rujak yang enak dan lezat.

Melalui akun YouTube-nya @Susi Pudjiastuti, menteri yang gencar mempromosikan gerakan makan ikan tersebut membagikan resep masakannya lewat video berdurasi 4 menit 59 detik. Ia tampak berada di dapur rumahnya dan bersiap untuk meracik semua bahan yang tersedia.

ikan mangmung

“Ini ikan mangmung namanya. Ikan Mangmung mirip ikan bawal, tapi bukan. Ini ikan dari laut. Ini enak sekali. Di sop pindang gunung juga enak. Tapi paling enak kalau buat saya dibakar dulu. Habis dibakar disiram bumbu santan merah, namanya kita bilang bumbu rujak. Kasih nanas yang banyak, asam, manis, segar pokoknya. Ada santannya, ada cabenya juga,” terang Susi Pudjiastuti.

Karena gemar dengan makanan pedas, Susi Pudjiastuti pun memberikan ekstra cabai tambahan pada makanan yang dibuatnya. Ia mengeluarkan beberapa macam bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe dan sedikit lengkuas untuk dihaluskan.

“Kita ulek sama cabai rawitnya. Kita ulek dikit, kita bebeg, kasih garam, kemudian kita rendos-rendos. Bumbunya yang sudah kita ulek tadi kita taruh di mangkuk ini. Nunggu minyaknya panas terus kita masukkan. Tunggu sampai kering, kita masukkan nanasnya, kita masukkan tomat, kita masukkan cabai gelondongan, kita masukkan santan,” lanjutnya.

Setelah bumbu santan yang dibuat Susi Pudjiastuti mulai mendidih, ia pun tidak lupa menambahkan daun bawang dan mulai memasukkan potongan-potongan ikan ke dalam kuali. Menurutnya, hidangan yang dibuatnya ini bisa menjadi alternatif masakan sebagai menu untuk sahur.

“Dibalik, supaya santan dan bumbunya meresap ke ikannya. Kalau ini dibuat sahur pasti enak, karena tidak terlalu banyak air. Kuahnya dikentalkan saja kalau untuk sahur pagi, sampai agak berkurang santannya,” sambungnya.

Setelah masakannya matang dengan sempurna, Susi pun melakukan plating di atas mangkuk. Ia pun memamerkan hasil masakannya yang menggugah selera kepada para netizen. Terlihat dengan jelas, masakan yang dibuat Susi memiliki rasa yang segar berkat tomat dan nanas yang ia masukkan saat proses memasak.

“Karena saya suka kepalanya, saya akan ambil kepalanya, tomatnya, cabainya, karena suka pedas. Nanasnya juga saya doyan banget. Nanasnya nanas madu, manis. Pakai kuahnya. Sajikan dengan panas. Simpan, masak sore diangetin untuk sahur. Pasti sedap,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini