Ini 4 Macam Makanan Sumber Protein Selain Ayam

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 298 2212895 ini-4-macam-makanan-sumber-protein-selain-ayam-vDzVmJ7SkQ.jpg Kacang-kacangan (Foto: Healthline)

Protein adalah salah satu zat gizi yang sangat penting untuk tubuh kita. Protein juga membantu pertumbuhan otot dan memperbaiki jaringan tubuh.

Rambut dan kuku kita terutama terbuat dari protein. Seperti diketahui beberapa sumber protein utama yang biasa kita konsumsi berasal dari ayam, telur, ikan, dan berbagai sayuran.

Namun mungkin Anda bosan makan ayam dan telur setiap hari. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti kebutuhan protein Anda dengan beberapa makanan sebagai penggantinya.

Dilansir dari laman Healthline, berikut ini makanan yang merupakan sumber protein selain ayam dan telur.

1. Kacang-kacangan

kacang

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang bagus untuk tubuh. Kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi dalam berbagai hidangan, mulai dari salad segar hingga sup yang lezat. Kacang-kacangan juga mengandung jumlah karbohidrat yang mudah dicerna. Menurut sebuah penelitian jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan yang dibuat jus yang setara dengan 240 ml mampu memberikan sekitar 50 persen dari asupan serat harian untuk tubuh.

 Tak hanya itu, jenis serat yang ditemukan dalam Kacang-kacangan telah terbukti memberi makan bakteri baik di usus besar Anda, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kelebihan berat badan dan beberapa jenis kanker. Kacang-kacangan juga kaya akan folat, mangan, dan zat besi dan mengandung sejumlah antioksidan dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan daya tahan tubuh.

2. Oat dan oatmeal

 oat

Oat adalah cara mudah dan lezat untuk menambahkan protein ke dalam makanan Anda. Setengah cangkir oat yang Anda sajikan atau sekitar 120 ml gandum kering memberi Anda sekitar 6 gram protein dan 4 gram serat. Tak hanya itu saja, oat juga mengandung jumlah magnesium, seng, fosfor dan folat yang baik untuk tubuh.

3. Wijen hitam

wijen

Wijen hitam tidak hanya kaya protein tetapi juga memiliki banyak kalori. Jadi cara terbaik untuk menambahkannya ke dalam makanan Anda adalah dengan mengambilnya dalam jumlah sedikit sehingga Anda menyerap nutrisi tanpa menambahkan terlalu banyak kalori dalam makanan Anda.

4. Jamur

 jamur

Sebagai alternatif lainnya, Anda juga bisa mengkonsumsi jamur yang bisa Anda olah untuk menjadi berbagai hidangan lezat seperti pengganti daging dalam burger atau olahan lainnya. Tidak hanya itu saja, selain mengandung protein tinggi, Jamur mengandung banyak serat (kaya chitin) yang bisa membantu lancarkan pencernaan. Serat ini juga yang kemudian membuat tubuh menjadi lebih cepat kenyang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini