5 Cara Berhenti Bersikap Posesif terhadap Pacar

Restu Prihargayu, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 196 2213486 5-cara-berhenti-bersikap-posesif-terhadap-pacar-0XC03u1D9t.jpg Pacar posesif (Foto: Pinkvilla)

Dalam sebuah hubungan asmara, sering kali seseorang bersikap posesif karena merasa takut kehilangan pacar atau ditinggalkan. Sikap posesif akan membuatmu merasa tersiksa dan membuat pacarmu juga tak nyaman.

Oleh karena itu, kamu perlu belajar bagaimana berhenti bersikap posesif dalam suatu hubungan dan menjadi orang yang lebih baik.

 pacar posesif dan cemburuan

Akar dari sikap posesif dalam suatu hubungan kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kepercayaan karena mungkin kamu pernah ditinggalkan oleh mantan pacarmu atau keinginan untuk mengontrol dan menguasai. Sifat ini memiliki daya rusak yang luar biasa pada sebuah hubungan.

Seperti dilansir dari Love Panky Selasa (12/5/2020), sebenarnya hal yang wajar jika kamu takut kehilangan orang yang kamu sayang. Namun kalau berubah menjadi sifat posesif maka ini jadi masalah. Oleh karena itu sifat posesif harus dihentikan, setidaknya dikurangi.

Lalu bagaimana caranya berhenti bersikap posesif pada pacar?

1. Melepaskan keinginan untuk mengendalikan pacar

Kamu harus belajar melepaskan keinginanmu untuk mengendalikan pacar dan mengetahui segala hal yang dilakukan oleh pacarmu. Sebab ia merupakan seorang individu yang punya pekerjaan dan kehidupan sendiri. Hargailah privasinya.

Berusaha mengendalikan orang lain tidak hanya melelahkan tetapi juga mustahil sebab kamu bukan Tuhan. Jadi, itu hanya akan membuat kamu merasa semakin cemas dan tak bahagia.

2. Percaya pada diri sendiri

Sebelum kamu belajar mempercayai pacarmu. Belajarlah memercayai diri sendiri. Biasanya, jika kamu memiliki masalah kepercayaan dan perlu mengendalikan pacarmu, berarti kamu memiliki masalah dalam mempercayai diri sendiri.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan. Komunikasikan dengan pasanganmu tentang bagaimana perasaanmu dan pastikan dia mendengarkannya.

4. Bicaralah tentang perasaanmu

Berbicara dengan pasanganmu tentang bagaimana perasaanmu dapat membantu melepaskan sebagian dari kemarahan atau kecemasan yang kamu alami. Misalnya kamu merasa cemburu, sampaikan saja kepadanya tanpa perlu menuduhnya selingkuh. Ia akan berusaha mengerti dan kamu akan merasa beban dirimu mulai menghilang.

5. Jangan terlalu bergantung kepada pacar

Salah satu alasan mengapa sulit untuk berhenti bersikap posesif dalam suatu hubungan karena kenyataan bahwa hubunganmu telah mengambil alih sebagian besar hidupmu. Kamu sangat tergantung kepada pacar sehingga kamu sangat takut kehilangan dia. Oleh karena itu pelan-pelan hilangkan ketergantunganmu kepada pacarmu dan biarkan kalian berkembang dengan kehidupan masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini