Chef William Gozali Bagikan Tips Mudah Memotong Ayam di Rumah

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 298 2213586 chef-william-gozali-bagikan-tips-mudah-memotong-ayam-di-rumah-WjiDtiFBtx.jpg Ilustrasi. (Australianfoodsafety)

MEMOTONG ayam menjadi beberapa bagian memang butuh teknik khusus. Terkadang kita masih bingung bagian ayam mana duluan yang harus dipotong

Apalagi kalau Anda cuma ingin mengolah masakan dengan mengambil dagingnya ayamnya saja. Ada cara mudah memotong ayam versi western yang mudah dipraktikkan loh!

Disebutkan Chef William Gozali jebolan MasterChef Indonesia, ada beberapa teknik memotong ayam yang tepat, apalagi kalau Anda hanya membutuhkan fillet ayam.

Dilansir Okezone dari akun YouTube Official William Gozali, berikut ulasan selengkapnya!

potong ayam

Memilih ayam

Jika Anda ingin membeli ayam baiknya di supermarket, pasar atau suplier. Saat memilih ayam baiknya Anda memegang daging ayam tersebut, pilihlah daging yang masih kuat teksturnya jika disentuh, karena itu menandakan ayam tersebut masih fresh.

Cuci ayam

Saat kita sudah membeli ayam, cucilah hingga bersih dan keringkan bagian permukaan daging ayam dengan tisu.

Cara memotong

- Letakkan ayam dengan punggung di talenan. Angkat sayap untuk melihat sendi yang menempel di paha ayam. Gunakan pisau tajam untuk memotong, tarik bagian paha, lalu potong secara perlahan.

- Jika sudah lakukan kembali pemotongan bagian paha kanan atau kiri yang belum dipotong.

- Kemudian, potong bagian kedua sayap ayam tersebut, agar lebih mudah memotong cari engsel sendi dari bagian sayap ayam tersebut.

- Selanjut potongan bagian dada ayam, saat memotong dada ayam belah secara perlahan menjadi dua bagian, letakkan dada dengan sisi kulit menghadap ke bawah. Pisahkan daging bagian dada dari tulang dada dan tulang rawan yang berada di bagian tengah dada ayam.

- Jika sudah, kita potong ceker yang berada di bagian paha ayam. Ceker bisa dipergunakan untuk pembuatan kaldu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini