Santan dan Air Kelapa Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 298 2213608 santan-dan-air-kelapa-ampuh-tingkatkan-imunitas-tubuh-loh-qjb7oX9pEl.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KELAPA memang memiliki banyak manfaat, mulai dari air hingga daging buahnya. Tapi, daging buah kelapa tidak hanya bisa dimakan langsung, tapi juga untuk memasak dalam bentuk santan.

Popularitas santan memang tidak perlu diragunakan untuk makanan, lantaran bukan hanya enak untuk masakan, namun juga baik untuk kesehatan. Pasalnya, santan tinggi kandungan vitamin dan mineral.

Dikutip Boldksy, santan pun dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena kelapa mengandung asam laurat, yang terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kelapa memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis pneumoniae. Ini, pada gilirannya, membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

air kelapa

Sementara air kelapa, memiliki dua manfaat kesehatan utama yang didukung sains. Manfaat air kelapa menyediakan elektrolit seperti kalium dan natrium. Air kelapa baik untuk rehidrasi setelah aktivitas fisik atau setelah penyakit yang menyebabkan muntah atau diare.

Hal itu diungkapkan Ali Webster, PhD, RD, Associate Director of Nutrition Komunikasi untuk Yayasan Dewan Informasi Pangan Internasional. Salah satu studi dalam Kedokteran dan Sains dalam Olahraga dan Latihan melaporkan bahwa air kelapa menggantikan cairan tubuh seefisien minuman olahraga.

Meski begitu, para atlet lebih menyukai rasa minuman olahraga. Artinya Anda harus menyukai rasa air kelapa untuk menuai manfaatnya. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih sehat daripada minuman olahraga, air kelapa masih bisa menjadi pilihan yang baik meskipun tidak terlalu perlu.

Meskipun air kelapa memiliki gula lebih sedikit daripada minuman tidak sehat lainnya seperti soda atau jus biasa, kalori tetap bertambah. Webster menambahkan, ada juga cara lain untuk mendapatkan kalium dari makanan seperti kentang, pisang, kacang, bayam, dan kacang-kacangan, kata Webster.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini