Sehat saat Berpuasa dengan Yoga Sederhana ala Hendri Take, Ampuh Menstimulus Organ Pencernaan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 481 2213645 sehat-saat-berpuasa-dengan-yoga-sederhana-ala-hendri-take-ampuh-menstimulus-organ-pencernaan-p4ibNgU95i.jpg Yoga saat berpuasa (Foto: Freepik)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Olahraga bisa dalam bentuk yoga.

Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh Hendri Take, influencer sekaligus instruktur yoga berbakat Indonesia, saat melakukan sesi Live Streaming bersama Okezone dan CIMB Niaga bertajuk 'Boost Your Spirit With Simple Yoga'.

 yoga

"Olahraga yang rutin membantu tubuh tetap aktif supaya imunitas tetap terjaga. Kita sangat butuh olahraga di saat-saat ini. Dan salah satu olahraga yang saya anjurkan adalah yoga," ujarnya, Rabu, (13/5/2020).

Hendri menambahkan, dari sisi gerakan, yoga dapat membuat tubuh yang tadinya pasif, menjadi lebih sehat karena gerakannya sangat ampuh melemaskan otot-otot dan persendian.

Di sisi lain, yoga juga membantu pikiran agar tetap fokus dan sadar seutuhnya (mindfulness). Hal ini disebabkan oleh gerakan dan ritme pernapasan yang membuat seseorang menjadi lebih terkoneksi dengan diri mereka sendiri.

"Yoga itu membantu kita stay grounded, benar-benar tenang dengan kondisi yang tidak pasti seperti saat ini. Banyak orang yang panik dan gelisahkan karena pandemi virus corona," jelas Hendri.

Kelebihan yoga juga terletak pada gerakan-gerakannya yang dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh. Sebagai contoh, bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, Hendri menyarankan untuk melakukan gerakan yoga sederhana yang dapat menstimulus organ pencernaan.

Gerakan-gerakan tersebut antara lain berdiri dengan posisi tubuh yang tegak, lalu angkat kedua tangan ke atas sembari menghirup dua kali tarikan napas dari hidung. Kemudian buang napas perlahan-lahan sembari menurunkan badan hingga kedua tangan menyentuh lantai.

Setelah itu, letakkan tangan di tulang kering hingga posisi tulang punggung lurus dan pandangan ke depan. Kemudian buang napas lagi sebelum meletakkan telapak tangan di lantai.

Selanjutnya, tarik kaki sebelah kanan ke arah belakang. Letakkan lutut di lantai, pandangan arahkan ke depan, lalu angkat bagian dada ke atas.

Setelah itu buang napas, dan tarik kaki sebelah kiri ke belakang hingga sejajarnya dengan kaki kanan. Lalu dorong tubuh ke depan hingga menyentuh matras, dan angkat bagian dada perlahan-lahan.

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menghindari tubuh agar tidak 'kaget' ketika mengonsumsi makanan saat berbuka puasa, karena khasiatnya mampu menstimulus organ pencernaan.

"Nah, gerakan yoga ini memang paling tepat dilakukan menjelang berbuka puasa. Untuk menaikkan kembali energi-energi yang hilang, serta mendapatkan manfaatnya secara maksimal," tandas Hendri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini