Lifehack Mengupas Bawang Putih, Masak Jadi Enggak Lama-Lama

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 22:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 298 2214278 lifehack-mengupas-bawang-putih-masak-jadi-enggak-lama-lama-Cxxvc2Ceat.jpg Ilustrasi. (Foto: WikiHow)

MENGUPAS bawang putih sebelum memulai masak pastinya membutuhkan waktu yang lama. Enggak usah khawatir, karena kamu bisa tahu trik mengupas bawang putih dengan cepat loh.

Jika kamu bisa mengupas bawang putih dengan cepat, maka kamu juga bisa menghemat waktu memasak. Terlebih kalau bawang putih yang dibutuhkan sangat banyak sekali masak.

Berikut trik cepat mengupas bawang putih yang bisa kamu praktikkan. Dilansir Okezone dari dari WikiHow, Kamis (14/5/2020), ini dia ulasannya.

Pakai mangkuk

bwg

Mangkuk stainless steel bisa juga dimanfaatkan untuk membantu mengupas kulit bawang putih. Yang Anda butuhkan adalah dua buah mangkuk, tempatkan wadah putih pada satu mangkuk kemudian tutup dengan mangkuk lainnya, kocoklah mangkuk seperti Anda sedang mengocok dadu. Lakukan cara ini selama beberapa saat, buka satu bagian mangkuk dan Anda sudah mendapati kulit bawang putih sudah terkupas.

Gunakan pemukul daging atau ulekan

pemukul

Pemukul daging bukan hanya berfungsi untuk melunakkan tekstur daging, tetapi juga untuk mengupas kulit bawang putih. Letakkan bawang putih di atas meja, tutup dengan kain bersih kemudian pukul perlahan menggunakan pemukul daging. Cara ini mudah dilakukan, tetapi jangan terlalu keras memukul karena bawang putih akan hancur.

Mengupas dengan pisau

Pisau menjadi alat utama yang dibutuhkan selama proses persiapan bahan. Pisau juga berfungsi untuk mengupas bawang putih, cara yang dilakukan untuk mempercepat bukanlah dengan menguliti satu persatu bawang putih tetapi dengan memukulnya. Potong bagian pangkal bawang putih kemudian pukul bagian bawang putih menggunakan sisi pisau yang datar. Seketika kulit bawang akan terpisah dari butir dagingnya.

Mengupas dengan air

Kulit bawang putih akan melunak jika terkena air. Makanya air bisa dimanfaatkan untuk mengupas bawang putih. Rendam bawang putih dalam air banyak selama kurang lebih 5 menit ya. Setelah itu, kupas kulitnya dengan menggunakan tangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini