Sibuk Mengurus Anak, Ini 5 Tips agar Ibu Tetap Sehat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 481 2214225 sibuk-mengurus-anak-ini-5-tips-agar-ibu-tetap-sehat-RFjgpSbRsa.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Mengurus anak bukanlah tugas yang mudah. Seorang ibu harus bisa memenuhi segala keperluan yang dibutuhkan oleh sang anak. Bahkan tak sedikit seorang ibu melupakan kesehatan tubuhnya karena terlalu sibuk untuk mengurus keperluan buah hatinya.

Tentunya menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi seorang ibu. Dengan tubuh yang sehat, maka seorang ibu bisa mengurus buah hati dengan lebih baik, dan bisa menghindari potensi penularan penyakit kepada si kecil. Merangkum dari Boldsky, Kamis (14/5/2020), berikut lima cara menjaga kesehatan ibu yang sibuk mengurus anak.

1. Jangan pernah lewatkan sarapan

Sarapan Sehat

Sarapan dianggap sebagai ritual yang paling penting, karena akan memberikan energi pada tubuh manusia untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi sarapan seimbang yang substansial untuk memberikan energi setelah bangun pagi. Mengonsumsi semangkuk gandum dengan buah dan kacang serta minum segelas jus buah adalah pilihan tepat.

2. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3

Asam lemak omega 3 adalah lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti telur, sarden, biji rami, salmon, dan kacang walnut. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 akan membantu meringankan depresi dan kecemasan. Dapat juga menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi gejala Alzheimer.

3. Konsumsi camilan sehat

Hindari mengonsumsi camilan yang tidak mengandung nutrisi. Anda bisa membuat camilan sendiri dengan memotong beberapa sayuran seperti timun, paprika, tomat dan lain sebagainya. kemas dengan baik makanan ini sehingga bisa dinikmati kapan saja.

4. Konsumsi makanan bergizi

Diet Sehat

Hindari mengonsumsi makanan olahan cepat saji yang banyak mengandung gula karena akan berbahaya bagi tubuh manusia. Sebaiknya fokus pada diet seimbang yang terdiri dari makanan segar yang sehat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

5. Merencanakan makanan yang hendak dimakan

Merencanakan makanan adalah kebiasaan yang bagus. Rencanakan sarapan, makan siang dan makan malam serta camilan favorit Anda untuk memenuhi kebutuhan diet khusus. Perencanaan ini akan membantu seseorang untuk menghemat lebih banyak waktu untuk membuat makanan, terutama ketika sedang memiliki jadwal kerja yang ketat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini