nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuku Kamu Pucat? Bisa Jadi Tanda Diabetes Dini Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 14 611 2214260 kuku-kamu-pucat-bisa-jadi-tanda-diabetes-dini-loh-rXFFMq303U.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu bagian tubuh yang sering dimanfaatkan untuk berkreasi adalah kuku. Apalagi bagi mereka, kaum hawa yang tengah datang bulan, pasti sering menggunakan pewarna kuku.

Kuku memang merupakan bagian tubuh yang sering dilihat. Tidak heran, jika perempuan juga sangat menjaga dan merawatnya, karena juga menunjang penampilan.

Tapi pernahkah kamu memperhatikan kukumu berubah warna atau terdapat goresan garis? Hal ini dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah atau buruk yang terjadi dengan tubuh dan kesehatanmu lho.

Melansir Shape, yuk simak tanda-tanda pada kuku ini yang bisa memberitahukan keadaan kesehatanmu yang dapat membantu kamu melihat tanda-tanda peringatan dini

Jika warna kukumu terlihat pucat, kemungkinan itu tanda menderita anemia yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah.

kuku perempuan

"Anemia akibat kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah, dan itu menyebabkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan di bawah kuku," kata Shilpi Agarwal, MD, dokter pengobatan holistik di Los Angeles.

Hindari makanan olahan dengan gula dan karbohidrat, dan konsumsi lebih banyak serat, sayuran, dan biji-bijian. "Ini akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan membatasi kerusakan peredaran darah yang disebabkan oleh kadar gula yang tidak terkontrol," katanya.

Meski demikian, kuku pucat juga bisa menjadi tanda diabetes dini atau penyakit liver, yang keduanya dapat menyebabkan gangguan aliran darah. "Ketika didiagnosis dini, diabetes seringkali dapat dikontrol dengan perubahan pola makan," kata Dr. Agarwal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini