Ciri-Ciri Pisang Matang Sempurna

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 298 2214844 ciri-ciri-pisang-matang-sempurna-bReK2YGBA0.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PISANG kaya akan nutrisi, namun ketika Anda membeli pisang pasti pernah menemui kesulitan dalam memilih pisang yang matang. Tak sulit kok menemukan triknya.

Karena memilih pisang yang matang dan bagus, sekalipun membeli di pasar tradisional sangat mudah diingat ciri-cirinya. Mulai dari warna kulit, bagian tandan dan sebagainya.

Biar enggak tambah penasaran, dilansir Okezone dari Tiportips, berikut ciri-ciri pisang matang dan bagus. Simak yuk!

Pilih yang tandannya segar

pisang

Saat membeli buah pisang, perhatikan terlebih dahulu tandannya. Tandan pisang yang masih segar terlihat masih berwarna hijau. Hindari membeli pisang yang bagian tandannya sudah berwarna coklat atau kering, karena hal tersebut menandakan pisang sudah dipanen dalam waktu yang lama.

Lihat bagian kulitnya

Kulit pisang memang identik dengan warna kuning. Tetapi kuning yang dihasilkan pada jenis pisang tentu berbeda satu sama lain. Untuk mendapatkan pisang yang berkualitas bagus sebaiknya pilih yang warnanya kuning cerah dan merata.

Perhatikan juga apakah terdapat bintik-bintik hitam pada kulit pisang, jika terdapat banyak bintik hitam, maka pilihlah pisang yang lain. bintik hitam pada kulit pisang menandakan pisang sudah melewati masa matangnya.

Perhatikan teksturnya

Ketika pisang terlihat dalam keadaan bagus maka cobalah untuk memeriksa teksturnya. Pisang yang masih bagus dengan tingkat kematangan yang pas memiliki tekstur yang lembut dan bukan lembek. Pisang yang telah berwarna kuning, tetapi memiliki tekstur yang keras, berarti pisang tersebut dimatangkan dengan cara diimbuh. Sebaiknya tekan perlahan bagian daging pisang, jika terasa lembut maka pisang tersebut berkualitas baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini