Kepala Kiano Putra Baim Wong Digigit Tungau, Begini Cara Mengobatinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 481 2214474 kepala-kiano-putra-baim-wong-digigit-tungau-begini-cara-mengobatinya-rj6sBINLeh.jpg Kepala Tiger Wong digigit tungau (Foto : @paula_verhoeven/Instagram)

Kepala Kiano Tiger Wong, putra Paula Verhoeven dan Baim Wong dipenuhi bentol. Rupanya bentol tersebut terjadi karena gigitan tungau.

Paula menyebutkan, sang putra tercinta terkena gigitan salah satu jenis serangga tersebut karena Baim kurang menjaga kebersihan.

Gejala terkena gigitan tungau, secara umum cukup sulit untuk diidentifikasi. Meski gejala yang muncul akan bervariasi tergantung pada jenis tungau yang menggigit, ada beberapa tanda umum yang dapat membantu kita untuk mengidentifikasi gigitan tungau,.

Baim Wong

Mengutip Healthline, tanda-tanda umum terkena gigitan tungau misalnya ada ruam kemerahan di kulit, benjolan kecil yang bisa menjadi keras atau meradang, kulit terasa gatal dan nyeri di dekat tanda, ruam, atau benjolan, atau bisa juga kulit menjadi bengkak atau melepuh di area sekitar gigitan.

Lalu, jika anak digigit tungau seperti yang terjadi pada putra Baim Wong, bagaimana cara mengobatinya? Well, ternyata pengobatan terkena gigitan tungau pada anak disebutkan tergantung pada beberapa faktor. Mulai dari gejala yang dialami, usia anak, seberapa parah kondisinya dan kondisi kesehatan secara umum.

Secara umum, seperti disitat Stanfordschildrens, Jumat (15/5/2020) cara mengobati gigitan tungau pada anak pertama kali yang harus dilakukan adalah membersihkan area kulit yang terkena gigitan secara menyeluruh dengan air dan sabun.

Setelah itu, berikan obat alergi (antihistamin) untuk mengatasi rasa gatal. Obat antihistamin dapat diminum baik dalam bentuk sebagai pil atau cairan. Selain yang bentuk cair, obat alergi juga bisa diberikan ke anak dengan cara topikal yakni dioleskan ke kulit dalam bentuk krim atau salep.

Tapi perlu diperhatikan, jika memberikan anak obat jenis OTC (over the counter) pastikan sudah berkonsultasi dengan tenaga medis profesional, dan mengikuti instruksi yang ada di label obat. Untuk menjadi catatan, disebutkan untuk bayi berusia di bawah enam bulan, dilarang untuk menggunakan ibuprofen pada anak di bawah 6 bulan.

Aspirin

Selain ibuprofen, obat aspirin juga disebut sebagai jenis obat yang dilarang untuk diberikan pada anak. Jika anak mengidap penyakit hati atau ginjal kronis atau pernah mengalami maag atau pendarahan gastrointestinal, selalu konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memberikan obat-obatan.

Terakhir, sebisan mungkin jaga kuku-kuku tangan anak tetap pendek untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan karena ruam-ruam kemerahan tersebut digaruk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini