Nyemil Cara Lari dari Masalah, Ini Caranya Biar Gak Jadi Gemuk

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 481 2214793 nyemil-cara-lari-dari-masalah-ini-caranya-biar-gak-jadi-gemuk-g4dDPPF4l8.jpg Ilustrasi. (Foto: Zeenews)

MENGISI waktu kosong atau di kala bosan Work From Home (WFH) biasanya membuat seseorang suka ngemil. Kebiasaan ini bahkan dianggap mampu meredakan stres.

Tak dapat dipungkiri, pada dasarnya orang Indonesia memang suka ngemil. Bahkan 23% lebih banyak daripada rata-rata global, seperti diungkapkan melalui sebuah studi konsumen bertajuk The State of Snacking, yang dilakukan di Indonesia dan 11 negara lainnya.

ngemil

Selain itu, hasil studi dari Mondelez Internasional tersebut juga menjelaskan, rata-rata orang Indonesia bergantung pada camilan untuk memenuhi kebutuhan mental dan emosional. Psikolog Klinis Tara De Thouars mengatakan, kebiasaan memang sangat rentan terjadi saat WFH.

“Saat tekanan emosional hadir, tubuh seolah memberikan sinyal yang mirip seperti rasa lapar," katanya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Tara menambahkan, sebenarnya sinyal tersebut hanyalah respon terhadap perasaan yang menjadi pelarian dari emosi negatif. Jika dorongan tersebut terus diikuti, tentu tubuh akan kelebihan asupan dan tentunya akan semakin beresiko jika dilakukan secara berulang.

“Menyadari apa yang kita cemil dan mengonsumsinya dengan penuh perhatian adalah inti dari ngemil lebih bijak," tambah dia.

Selain itu, tambahnya, kebiasaan ngemil sesungguhnya bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Tentunya juga menjaga stabilitas metabolisme tubuh, asal dilakukan dengan bijak.

Nah, kalau ingin ngemil tapi enggak mau gemuk, ada triknya yang bisa Anda lakukan. Head of Corporate Communication Mondelez Indonesia Khrisma Fitriasari akan membeberkan triknya sebagai berikut.

Kenali isyarat tubuh saat lapar

Kenali isyarat tubuh mengapa Anda ingin ngemil. Misalnya apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood.

Perhatikan porsi ngemil

Perhatikan Anda bisa memilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil." terangny

Perhatikan pola aktivitasnya

Perhatikan juga bagaimana kebiasaan Anda saat ngemil. Pergunakan semua indera Anda, karena Anda akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil. Oleh karenanya, sebaiknya ngemil tidak dilakukan sambil berkegiatan lain, misalnya main gadget,” jelas Khrisma.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini