Pekerja Kantoran Suka Duduk Lama, Hati-Hati Risiko Kanker Mengintai

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 481 2214850 pekerja-kantoran-suka-duduk-lama-hati-hati-risiko-kanker-mengintai-837g06ARYY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER usus besar disebut sebagai penyebab kematian aktor senior Henky Solaiman. Memang, dia telah menderita kanker usus besar yang membuatnya harus berisirahat dari panggung hiburan.

Kanker, penyakit ini memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa menyembuhkan kanker.

Kanker pun termasuk penyakit yang biasanya telat dideteksi di awal kemunculannya. Akibatnya, penyakit ini biasanya baru disadari saat memasuki stadium lanjut.

Nah, untuk menghindari risiko kanker, Anda perlu tahu apa saja hal-hal pemicunya. Berikut ini berbagai hal tak terduga yang ternyata bisa meningkatkan risiko kanker.

kanker penyebab

Ternyata duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kanker. Padahal, hampir sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer. Untuk itu, meski Anda diharuskan bekerja di depan komputer setiap hari sebaiknya usahakan untuk tetap bergerak.

Dikutip dari Mayo Clinic, sebaiknya beristirahatlah setiap 30 menit sekali. Usahakan untuk bangun dari duduk dan berjalan-jalan sebentar untuk menurunkan berbagai risiko penyakit termasuk kanker.

Selain membantu membakar kalori, bangun dan berjalan-jalan sebentar juga membantu menjaga otot dan kesehatan fisik serta mental.

Sekadar informasi, Henky Solaiman meninggal dunia Jumat sore ini. Dia menghembuskan napas terakhir di usia 77 tahun. Memang, Henky Solaiman telah lama mengidap kanker usus, namun belum bisa sembuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini