Berkaca dari Kasus Jane Shalimar, Ini Tingkat Risiko Keguguran Berdasarkan Usia Kehamilan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 481 2215044 berkaca-dari-kasus-jane-shalimar-ini-tingkat-risiko-keguguran-berdasarkan-usia-kehamilan-Ew5ju3v0S5.jpg Ilustrasi. Foto: Momasia

BARU-BARU ini artis cantik Jane Shalimar mengunggah kabar duka mengenai kondisi kehamilannya di akun media sosial Instagram. Ia mengaku mengalami keguguran saat usia kehamilannya mencapai tujuh minggu.

Sebenarnya istilah keguguran dalam kehamilan seperti yang dialami Jane Shalimar bukanlah sesuatu yang aneh. Trimester pertama kehamilan yang mencakup 0-13 minggu memiliki tingkat risiko keguguran hingga mencapai 80 persen. Angka tersebut akan menurun setelah masa tersebut terlewati.

Sebagaimana dilansir dari Health Line pada Sabtu (16/5/2020), pada trimester kedua kehamilan, seorang wanita hanya memiliki tingkar risiko keguguran sebesar 5 persen.

Lebih jelasnya, berikut tingkat risiko keguguran seorang ibu berdasarkan kategori usia kehamilan.

1.Minggu 0 hingga 6

Pada minggu-minggu awal ini seorang wanita memiliki tingkat risiko keguguran tertinggi. Seorang wanita dapat mengalami keguguran pada minggu pertama atau kedua tanpa menyadari bahwa ia hamil.

Baca Juga: Jane Shalimar Keguguran, Perhatikan Ini saat Hendak Beri Motivasi 

Dalam kasus ini usia berperan dalam menentukan faktor risiko keguguran pada wanita. Satu studi menunjukkan wanita usia 35 hingga 39 memiliki peningkatan risiko keguguran sebesar 75 persen. Sedangkan wanita berusia 40 tahun ke atas memiliki faktor risiko lima kali lipat lebih besar.

lustrasi. Foto: Istimewa

2.Minggu ke-6 hingga 12

Setelah kehamilan mencapai waktu 6 minggu dan kelangsungan hidup sang janin lebih terjamin dengan adanya detak jantung, maka risiko keguguran turun menjadi 10 persen.

Menurut studi pada 2008 dari Trusted Source, risiko keguguran turun dengan cepat seiring usia kehamilan. Namun ini tidak secara khusus dipelajari pada pasien dengan faktor risiko lain untuk keguguran.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Keguguran seperti yang Dialami Jane Shalimar 

3.Minggu ke-13 hingga 20

Pada minggu ke-12, risiko keguguran mungkin turun hingga lima persen. Tetapi perlu diingat itu tidak benar-benar angka yang pasti. Pasalnya komplikasi dapat terjadi selama kehamilan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini