nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Rambut Tebal dan Sehat? Wajib Konsumsi Makanan Ini

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 16 611 2215111 ingin-rambut-tebal-dan-sehat-wajib-konsumsi-makanan-ini-Lhk8PWEVQU.jpg Ilustrasi. Foto: Boldsky

Ingin memiliki rambut tebal, kuat, dan sehat? Tentu rambut semacam itu menjadi idaman semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Untuk mewujudkannya, selain dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin rambut, Anda juga wajib menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan tepat nutrisi.

Lalu makanan seperti apa yang dapat menjaga kesehatan rambut? Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Medical Daily pada Sabtu (16/6/2020).

1. Telur

Pasalnya telur mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut, yaitu protein, biotin, zinc, selenium, dan nutrisi rambut lainnya.

Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, perlu untuk memasukkan protein dalam menu diet Anda jika mengalami kerontokan rambut. Kuning telur juga merupakan sumber biotin yang baik, menurut beberapa penelitian, membantu memproduksi keratin.

2. Sayuran Hijau

Brokoli, kangkung, selada, dan bayam merupakan beberapa sayuran berdaun hijau yang mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh folikel rambut agar tumbuh secara normal. Zat besi membantu sel darah merah dengan transportasi oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke akar rambut dan folikel, untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 4 Masker Rambut Rumahan dari Bahan-Bahan di Dapur

Bayam mengandung folat, zat besi nabati dan vitamin lainnya termasuk vitamin A dan C adalah pilihan yang baik untuk ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari.

3. Jeruk dan Berry

Mengandung antioksidan, beri diperlukan untuk pertumbuhan rambut karena sifat antioksidan yang menghentikan kerusakan pada folikel rambut dari radikal bebas.

Sedangkan jeruk membantu penyerapan zat besi karena mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk membantu membangun kapiler guna mengangkut nutrisi ke batang rambut.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Diwarnai saat di Rumah

4. Kacang dan Ikan

Menambahkan kacang almond dan kenari dalam menu diet sebagai camilan sehat dapat membantu rambut memenuhi nutrisi penting seperti asam lemak Omega-3. Ikan berlemak juga memiliki lemak sehat yang membantu meningkatkan pertumbuhan dan penebalan rambut.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini