Kisah Ibu-Ibu Semakin Kreatif Cari Uang di Tengah Pandemi COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 16 612 2214972 kisah-ibu-ibu-semakin-kreatif-cari-uang-di-tengah-pandemi-covid-19-Cfk7SrTj61.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PANDEMI virus corona (COVID-19) yang tak kunjung berakhir, menyebabkan pemerintah menerapkan sistem pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penularan penyakit. Alhasil banyak masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah.

Rupanya momen PSBB ini dimanfaatkan oleh sebagian ibu-ibu yang kreatif untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satunya adalah Wid yang mencoba berjualan makanan selama status PSBB berlaku.

Berawal dari luangnya waktu selama PSBB, Wid mencoba menggali lebih banyak informasi seputar memasak melalui Youtube. Dari situ ia tertarik untuk membuat berbagai macam masakan sesuai dengan resep yang ia pelajari di internet.

“Awalnya ya lihat-lihat dari Youtube. Ada yang kelihatan enak ditonton. Sampai akhirnya coba-coba masak sendiri dan berhasil. Anggap daja iseng-iseng buat makan keluarga di rumah,” ujar Wid saat diwawancarai Okezone, Sabtu (16/5/2020).

Baca Juga: Desainer Diajak Bikin 100.000 Masker Kain demi Lawan Corona COVID-19

Untungnya keluarga Wid mengaku suka dengan beberapa masakan baru yang dibuatnya. Bahkan sang anak meminta Wid untuk mencoba menjual makanan tersebut kepada beberapa teman, yang memang jarang memasak selama PSBB.

“Saya kemarin ini masak ayam bumbu rujak. Anak pada senang dan bilang makanan ini layak untuk dijual. Jadi saya coba tawarin ke beberapa teman dan hasilnya lumayan,” lanjutnya.

Meski pesanan yang diterima Wid tidak terlalu banyak, namun keuntungannya cukup untuk uang jajan sehari-hari. Bahkan keuntungan jualan tersebut digunakan Wid untuk bereksperimen dan menciptakan menu-menu makanan baru.

Selain Wid, ada pula ibu-ibu lain yang memanfaatkan masa PSBB untuk menjual berbagai macam masker kain unik. Sebut saja Ira, berawal dari keisengannya selama PSBB, ia mencoba membuat masker dari bahan pakaian bekas untuk digunakan sendiri.

Baca Juga: 6 Tips Memasak bagi Pemula, Serunya Jadi Chef Dadakan di Rumah! 

Tapi karena motifnya bagus dan menarik, beberapa teman Ira meminta untuk dibuatkan masker yang serupa. Bahkan sebagian teman Ira sengaja membawa kain sendiri untuk dibuatkan masker sesuai dengan kreasinya.

“Awalnya iseng aja buat masker. Tapi saat dipakai teman-teman banyak yang suka. Jadi ya sudah saya buatkan saja untuk mereka. Karena buat teman jadi free lah. Kalau mau kasih jajan boleh saja, hitung-hitung ongkos menjahit,” tuntasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini