Lifehack, Bikin Pisau di Dapur Selalu Tajam

Agustina Wulandari , Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 298 2215237 lifehack-bikin-pisau-di-dapur-selalu-tajam-rK4VJGwINI.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PISAU menjadi alat utama yang digunakan dalam memasak. Agar selalu nyaman dipakai tentunya pisau harus selalu dijaga ketajamannya. Ketajaman dari pisau sangat riskan karena akan berpengaruh dengan hasil potongan pada masakanmu.

Lalu, bagaimana menjaga agar pisau tetap tajam? Dilansir dari akun Instagram @forum.masak begini tips agar pisau yang kamu gunakan selalu tajam.

Punya lebih dari satu pisau

pisau

Sebaiknya pisahkan pisau untuk memotong sayuran dengan untuk daging-dagingan. Karena dari ketebalan pun berbeda, sehingga kamu tak bisa hanya menggunakan satu buah pisau, yang digunakan untuk semua bahan makanan.

Keringkan pisau setelah dicuci

Setelah mencuci pisau, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap atau serbet. Sebab bahan stainless steel sangat mudah berkarat. Hal ini pun bisa lakukan untuk menjaga pisau tidak mudah berkarat dan tetap nyaman digunakan.

Hindari menyimpan pisau di tempat balok pisau

Balok tempat pisau memang terlihat rapi untuk menyimpan pisau-pisaumu. Tapi ternyata balok tempat penyimpanan pisau itu dapat menyebabkan pisau tumpul dan tidak baik. Karena celah dalam balok pisau tersebut kecil dan susah dibersihkan. Sehingga dapat terjadi sarang bakteri di dalamnya. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan laci dapur untuk menyimpan pisau-pisaumu.

Sebelum membeli, pilih pisau berkualitas

Perlu diperhatikan juga saat kamu membeli pisau baru. Ingat, pilihlah pisau yang berkualitas dan ketajamannya terjamin. Daripada membeli pisau yang cepat tumpul, lebih baik pisau yang sedikit mahal tetapi kualitasnya bagus.

Asah pisau

Nah, tips yang terakhir memang cara yang sudah dilakukan sejak lama. Jika memungkinkan kamu hanya perlu mengasah pisau saat hendak dipakai, itu pun jika dirasa perlu diasah. Nah, semoga tips di atas berguna ya bagi kamu yang selalu setia dengan pisau kesayangan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini