nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Aksi Dua Harimau Sumatera di Kebun Binatang Ragunan Lewat Wisata Virtual

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 13:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 17 406 2215419 intip-aksi-dua-harimau-sumatera-di-kebun-binatang-ragunan-lewat-wisata-virtual-xvFIi9PraU.jpg Aksi dua harimau sumatera di Kebun Binatang Ragunan (Foto : @ragunanzoo/Instagram)

Menjawab rasa penasaran masyarakat terhadap kondisi satwa-satwa di kebun binatang Indonesia, Taman Margasatwa Ragunan hari ini berinisiatif menggelar wisata virtual di Instagram bersama dua ekor Harimau Sumatera, Hana dan Tino.

Kegiatan ini rupanya mendapat respons positif dari ribuan netizen Tanah Air yang telah menantikan aksi Hana dan Tino sejak pukul 10.00 WIB tadi.

Lantas bagaimana keseruan wisata virtual tersebut? Pada awal video sejumlah perawat tampak sedang mempersiapkan dua buah alat khusus yang terdiri dari bola-bola berwarna merah muda dilengkapi dengan seutas tali panjang.

Alat itu kemudian digantungkan di atas ranting pohon sebelum akhirnya kedua harimau Sumatera itu dikeluarkan dari tempat peristirahatannya.

Selidik punya selidik, di sela-sela alat tersebut juga telah diselipkan potongan daging sapi untuk menarik perhatian mereka. Menurut pengakuan salah seorang perawat bernama Muhammad Hafidz Ramadhan, alat ini memang sengaja diletakkan pada spot tertentu, untuk melatih sifat alamiah mereka dalam berburu makanan.

"Selain menggantung bola itu, ada juga potongan daging yang sengaja digantung. Tujuannya adalah untuk melatih sifat alamiah mereka. Kalau di alam itu kan mereka tidak gampang mencari makanan. Nah, dengan cara ini diharapkan dapat memacu insting berburu mereka agar tidak hilang. Ya sekaligus olahraga supaya mereka tetap aktif," kata Hafidz dalam siaran langsung.

(Baca Juga: Curhat Mahasiswi Harus Belajar Virtual Online di Tengah Pandemi COVID-19)

Benar saja, sesaat setelah Hana dan Tino dilepas ke dalam kandang mereka, kedua Harimau Sumatera tersebut langsung beraksi memanjat pohon. Sesekali mereka juga melompat tinggi untuk meraih potongan daging.

Mereka juga tampak asyik bermain dengan bola yang telah disiapkan oleh Hafidz dan kedua rekannya. Tingkah laku mereka ini benar-benar terlihat begitu menggemaskan.

Nah, mengingat cuaca sedang panas-panasnya, Tino atau harimau Sumatera berusia 8 tahun itu terlihat menceburkan diri ke dalam kolam untuk menurunkan suhu tubuhnya. Hafidz mengatakan bahwa hal tersebut lumrah dilakukan oleh Harimau Sumatera, mengingat suhu tubuh mereka terbilang tinggi.

"Suhu tubuh harimau itu cukup tinggi. Biasanya kalau cuaca sedang panas-panasnya, mereka pasti berendam dan menjulurkan lidahnya. Durasi berendam cukup lama, tergantung cuaca. Terkadang bisa setengah jam lebih," tambahnya.

Dalam wisata virtual ini, Hafidz juga sempat menjawab sejumlah pertanyaan netizen yang penasaran dengan kondisi satwa-satwa liar di Kebun Binatang Ragunan. Terlebih setelah beredar kabar bahwa pandemi COVID-19 ini membuat sejumlah kebun binatang di Tanah Air menghadapi krisis makanan.

"Untuk makanan, sejauh ini alhamdulillah masih terjamin. Karena kami berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," terang Hafidz.

Aksi Hana dan Tino sontak mendapat pujian dari sejumlah netizen yang rindu berwisata serta berinteraksi langsung satwa-satwa di Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan

Bahkan saat wisata virtual ini disiarkan, jumlah penonton berhasil mencapai lebih dari 6.000 viewers. Berikut Okezone rangkumkan beberapa komentar netizen.

"Mengobati kangen ke kebun binatang," tulis akun fathinmikalia.

"Lucu.. jadi inget sama kucing di rumah. Suka main bola yang digantung dan kejar-kejar bola," tulis akun fitrirussan_.

"Duuhhh.. udah 3 bulan lebih gak ke Ragunan," tulis akun isnaengking.

"Ya Allah.. keren banget sih ini. Ditunggu live binatang selanjutnya. Kangen banget ke Ragunan," tulis akun astris23.

"DURASINYA KURANG LAMA KAAAAKKK," tulis akun farahsyadwi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini