5 Makanan Pencegah Kanker Usus, Penyakit yang Diidap Hengky Solaiman Sebelum Meninggal

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 481 2215302 5-makanan-pencegah-kanker-usus-penyakit-yang-diidap-hengky-solaiman-sebelum-meninggal-KxCvj5XKTr.jpg Makanan untuk menjaga kesehatan usus (Foto : Thelist)

Aktor senior Henky Solaiman meninggal dunia di usianya yang ke-78 tahun, pada Jumat, 15 Mei 2020. Sebelum tutup usia, Henky Solaiman sempat menjalani operasi kanker sekitar pertengahan Maret lalu.

Jika dilihat dari sisi medis, peran usus bagi manusia sangat penting yakni sebagai alat pencernaan dan juga jadi acuan bagi kesehatan. Oleh karenanya, usus harus tetap dijaga dengan cara mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah beberapa makanan yang mampu menjaga kebersihan usus, serta sekaligus mencegah dari penyakit. Apa saja?

1. Jus buah

Jus Jeruk

Selain rasanya segar, jus buah juga memiliki manfaat lebih untuk kesehatan usus dan menjaga sistem pencernaan. Selain itu, buah-buahan kaya mineral dan enzim yang membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Pilihlah buah-buahan yang berserat, seperti jeruk, mangga, hingga stroberi. Okezoners bisa minum jus buah setiap pagi sebelum sarapan.

2. Brokoli

Brokoli

Mengonsumsi sayur-sayuran juga jadi alternatif untuk menjaga kesehatan usus. salah satunya adalah brokoli yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Brokoli bisa mengatasi perut mulas atau sembelit, sehingga buang air besar pun akan lancar. Brokoli bisa diolah menjadi jus, tumisan atau sekadar direbus untuk dijadikan salad.

3. Bayam

Bayam

Bukan hanya brokoli, bayam juga jadi sayuran yang berfungsi menjaga kesehatan usus. Serta sayur-sayuran hijau lainnya juga bermanfaat untuk pencernaan.Bayam dapat dikonsumsi setiap hari untuk memiliki bebas racun usus yang sehat.

4. Lemon

Lemon

Selanjutnya adalah buah lemon, perasan airnya cocok untuk membersihkan sistem pencernaan. Minumlah segelas air lemon hangat di pagi hari, karena sangat efektif membantu detoksifikasi dan membersihkan usus besar.

Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Oleh karena itu buah satu ini tidak hanya dapat menjaga kesehatan usus, tapi juga menjaga daya tahan tubuh dan jadi stamina.

5. Biji-bijian

Roti Gandum

Makanan dengan bahan dasar biji-bijian, seperti roti, pasta dan tepung memiliki kandungan kaya akan serat, rendah kolesterol serta rendah kalori. Makanan yang terbuat dari biji-bijian dapat membantu melancarkan proses pencernaan, khususnya membersihkan racun dari usus besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini