Jaga Imunitas, Psikolog : Seni Jadi Terapi Terbaik Atasi Stres saat Pandemi COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 481 2215494 jaga-imunitas-psikolog-seni-jadi-terapi-terbaik-atasi-stres-saat-pandemi-covid-19-zH5F2PJH2A.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Mengelola stres di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 ini memang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, sejumlah ahli medis telah membuktikan bahwa sangat berdampak pada sistem kekebalan tubuh manusia yang berperan penting dalam menangkal paparan virus corona.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk segera mengatasi atau mengelola stres demi mencegah penurunan sistem kekebalan tubuh. Nah, salah satu caranya adalah dengan berekspresi melalui seni.

Hal tersebut dipaparkan secara gamblang Ina M Surya Dewi selaku psikolog dalam diskusi ‘Seni Sebagai Terapi Menghadapi Pandemi’ di Graha BNPB Jakarta, Minggu (17/5/2020).

“Seni itu alat berekspresi. Sebetulnya, manusia bisa berekspresi, misalnya dengan melalui gerak. Ini untuk berekspresi mengeluarkan apa yang terpendam dalam hati,” tutur Ina seperti dikutip dari konferensi pers live di YouTube BNPB.

Ina Surya Dewi

Lebih lanjut dia menjelaskan, berekspresi dengan riang, bebas, tanpa memikirkan hasilnya atau memberikan penilaian pada diri sendiri juga dapat menjadi pelepas stres yang menyenangkan. Hal tersebut juga bisa menjadi kegiatan yang baik ketika rasa bosan melanda, atau jenuh karena selalu berada di dalam rumah.

“Saya rasa melalui seni bisa membantu kita, baik itu dengan kegiatan menggambar, tanpa memikirkan produknya bagus atau tidak. Kemudian bisa juga dengan menari, cobalah mengekspresikan diri melalui lagu dan gerak. Bisa juga membuat sesuatu dari clay, kegiatan-kegiatan seperti itu akan memberikan rileksasi asalkan dikerjakan dengan riang, bebas, dan sepenuh hati,” ungkapnya.

Seni sebagsi terapi ini ternyata juga dilakukan pasien nomor positif COVID-19 nomor 02, Maria Darmaningsih, yang kini sudah pulih dan berhasil sembuh. Dia bercerita bahwa selama menjalani perawatan COVID-19, Maria kerap menghibur diri dengan menggambar.

“Rasanya ketika menggambar, saya bahagia. Lupa sakitnya walaupun sebentar, tetapi saya mendapatkan energi positif dari situ. Karena saat bahagia itulah imunitas kita naik, dan itu yang penting,” tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini