Setelah Lockdown, Restoran Terapkan Aturan Baru bagi Pengunjung

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 298 2215988 setelah-lockdown-restoran-terapkan-aturan-baru-bagi-pengunjung-jG9NJz7Vow.jpg Aturan baru bagi pengunjung di restoran (Foto : Designboom)

Beberapa negara di Eropa yang secara perlahan mulai beraktivitas lagi setelah lockdown, mulai mencoba bereksperimen berbagai cara untuk kembali hidup normal.

Salah satu eksperimen yang dicoba ialah menjajal cara baru, new normal agar masyarakat bisa mulai bersantap kembali atau dine-in di restoran.

Seperti solusi inovatif yang dilakukan oleh restoran Mediamatic di Amsterdam berikut ini. Restoran Mediamatic mencoba menghadirkan solusi agar masyarakat Amsterdam tetap bisa bersantap langsung, dine-in di restoran tapi tetap aman dengan menerapkan konsep jaga jarak secara interaksi sosial, social distancing.

Jaga Jarak Fisik

Restoran Mediamatic membuat beberapa green house ukuran kecil, yang ditempatkan di sepanjang oosterdok sungai. Satu green house transparan, yang disebut serres séparées tersebut, bisa diisi oleh dua hingga tiga orang, seperti dikutip Designboom, Senin (18/5/2020).

Bangunan green house disebutkan sengaja dirancang transparan tembus pandang demi alasan faktor keamanan pengunjung resto, sekaligus nuansa makan malam intim di pinggir sungai. Para pelanggan yang bersantap di restoran ini, akan dilayani oleh para staf restoran yang mengenakan alat pelindung diri seperti face shield dan sarung tangan.

Para pelayan akan mengantarkan pesanan makanan para pelanggan dengan menggunakan baki atau tray khusus, yakni papan kayu panjang dan lebar. Sehingga pelanggan dan para staf restoran, bisa saling menjaga jarak setidaknya 1,5 meter dan tidak perlu melakukan kontak fisik.

Dengan melakukan trial atau percobaan di atas, restoran ini berharap bisa sepenuhnya mulai buka pada 1 Juni mendatang dan akan mulai melakukan penerimaan pemesanan tempat, reservasi di pekan terakhir bulan Mei.

Giulia Soldati, salah seorang chef di Mediamatic mengungkapkan dengan konsep baru makan di restoran ini, ia berharap orang-orang bisa tetap bersantap di restoran namun tetap merasa aman.

Aturan Baru di Restoran

“Kami ingin masyarakat tetap merasa aman untuk makan bersama di restoran. Semua ruang dibuat terpisah satu sama lain, tapi orang-orang tetap bisa berbagi makanan bersama. Kami akan terus mengenakan sarung tangan dan masker pelindung,” ujar Giulia.

Sementara itu, seperti dilapor BBC, mulai 1 Juni 2020 mendatang tempat umum di Belanda, seperti bar boleh dibuka kembali dengan sederet protokol pembatasan. Restoran, bar, bioskop, dan museum juga disebutkan akan mulai beroperasi kembali dengan persyaratan ketat yaitu para pengunjung yang datang adalah pengunjung yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu. Selain itu, ketika berada di lokasi, semua orang harus menjaga jarak 1,5 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini