Ngebet ke Mal Beli Baju Lebaran? Ingat Physical Distancing agar Tak Tertular Virus Corona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 481 2216300 ngebet-ke-mal-beli-baju-lebaran-ingat-physical-distancing-agar-tak-tertular-virus-corona-7XSns9NEXW.jpg Ilustrasi. (Okezone)

SUDAH merencanakan akan tetap beli baju Lebaran di mal? Mungkin beberapa dari Anda menjawab iya, meski banyak juga tentunya memilih tetap berada di rumah saja agar aman dari paparan virus corona.

Untuk Anda yang tetap ingin membeli baju Lebaran di mal, tentu menjalankan protokol kesehatan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Ini semata-mata agar Anda dan keluarga tidak terinfeksi virus corona yang bisa saja terbawa oleh pengunjung mall lain yang tergolong dalam kelompok orang tanpa gejala (OTG).

Nah, cara aman berada di tengah kerumunan seperti di mall atau pasar coba diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Bekasi Timur dr Indah Fitriani, SpPD. Berikut tipsnya:

Tetap menjaga jarak

physical

Jaga jarak aman saat berada di luar rumah. Ingat ya, bahwa droplet yang berisi virus bisa hinggap sampai jarak 2 meter (di beberapa kepustakaan bahkan sampai 6 meter).

Pakai masker

Jangan malas pakai masker dan jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan dulu sebelumnya. Karena pintu masuk virus ini dari hidung, mata, dan mulut.

Cuci tangan dengan sabun sesering mungkin

Cuci tangan pakai sabun sesering mungkin, terutama setelah Anda memegang benda-benda di mal. Pun saat Anda memegang handle pintu masuk mal, toilet, juga outlet di pusat perbelanjaan.

Pakai hand sanitizer bila terpaksa

hand sanitizer

Pakai hand sanitizer boleh saja, jika terpaksa bila tidak ada air. Tapi harus diingat, setelah beberapa kali pakai hand sanitizer, kuman di tangan menjadi kebal terhadap hand sanitizernya dan hand sanitizer menjadi tidak seefektif sebelumnya untuk membunuh kuman. Belum lagi ada sisa-sisa kuman mati yang masih menempel di tangan.

Segera ganti baju dan mandi setelah dari kerumunan

Begitu sampai rumah, hindari ketemu keluarga dan menempelkan badan di kursi atau tempat tidur atau benda lainnya. Karena bisa terjadi transfer kuman dan kuman yang menempel di perabot bisa bertahan berhari-hari.

Harus super waspada dan super menjaga daya tahan tubuh

olahraga

Konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, olahraga, dan segera periksa ke dokter jika ada keluhan kesehatan sekecil mungkin.

Sementara itu, dr Indah memperingatkan agar masyarakat ada baiknya tetap di rumah saja. Sebab, jika Anda berada di tengah kerumunan, misalnya di mal, kemungkinan terpapar virus corona cukup tinggi. Sekalipun pengunjung mal lainnya mengenakan masker.

Hal ini karena masih banyak yang tak tahu bagaimana cara pakai masker yang benar. Ini menjadi masalah yang harusnya dipahami Anda yang berencana datangi mal atau pasar dekat-dekat ini untuk membeli keperluan Lebaran.

"Banyak yang masih sentuh-sentuh masker (terutama bagian luar), pakai masker kemudian diturunkan di dagu saat makan atau minum lalu dipakai lagi, taruh masker di sembarang tempat lalu dipakai lagi, dan masih banyak lagi cara-cara yang keliru," tutur dr Indah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini