Kenapa COVID-19 Sebabkan Serangan Jantung? Ini Penjelasan Dokter

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 03:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 19 481 2216718 kenapa-covid-19-sebabkan-serangan-jantung-ini-penjelasan-dokter-MfQJBM1YGT.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS corona umumnya menyerang saluran pernapasan dan paru-paru manusia. Tapi bisakah virus corona menyebar ke area jantung manusia ya?

Pertanyaan tersebut mungkin sempat muncul di benak Anda, bahkan menimbulkan rasa penasaran. Mengingat organ jantung juga posisinya tidak jauh dengan paru-paru.

serangan jantung

Menjawab rasa penasaran itu, dr Leonardo Paskah Suciadi, SpJP dari Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat akan menjelaskan lebih lanjut. Menurutnya, kemungkinan virus corona dapat menyerang jantung, namun kondisinya berbeda-beda.

"Virus corona bisa menyerang secara langsung ke otot jantung melalui reseptor yang ada. Lalu dapat mencederai jantung, juga menyebabkan peradangan otot jantung," ucapnya saat Zoom Meeting Tetap Waspada COVID-19, Jangan Lupakan Kesehatan Jantung Anda!, Selasa 19 Mei 2020. 

Tidak hanya virus corona, ungkap Dokter Leonardo, beberapa laporang juga menyebutkan bahwa virus lain dapat mampir ke otot jantung secara langsung. Dampaknya tentu bisa menyebabkan gangguan secara langsung. 

"Kalau di awal bisa terjadi komplikais yang bisa tercetus oleh COVID-18, nantinya bisa menjadi serangan jantung," terangnya.

serangan jantung

Maka agar tidak membahayakan diri, Dokter Leonardo meminta Anda untuk menjaga kedisiplinan diri dalam melakukan pola hidup bersih dan sehat. Terutama untuk menjaga kebersihan diri, seperti rajin cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker saat bepergian, hingga mengganti cuci tangan dengan memakai hand sanitizer bila terpaksa.

"Paling penting tetap stay at home, jaga imunitas, usahakan hindari keramaian," pungkasnya. 

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini