nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Khasiat Minum Rebusan Daun Jambu Biji

Agustina Wulandari , Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 03:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 20 481 2217289 6-khasiat-minum-rebusan-daun-jambu-biji-rejiXQNMZG.jpg Daun jambu biji kaya manfaat (Foto : Indiaexpress)

Menjaga imunitas menjadi hal penting yang perlu dilakukan, apalagi mengingat virus dan bakteri ada dimana-mana. Banyak cara menjaga imunitas tubuh, mulai dari olahraga hingga konsumsi asupan yang bergizi.

Asupan yang mengandung kaya manfaat salah satunya daun jambu biji. Sudah tahu khasiatnya untuk tubuh? Ya, daun jambu biji selain untuk kesehatan, ternyata baik juga untuk kecantikan.

Melansir The Indian Express, jambu biji atau dikenal juga dengan amrood selain enak dikonsumsi, buah ini memiliki banyak nutrisi. Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Di Meksiko dan beberapa wilayah bagian di Amerika Serikat, daun jambu biji biasa diseduh untuk membuat teh yang diyakini sebagai obat tradisional. Untuk membuat teh ini, kamu hanya perlu merebus air, rendam daun, dan minumlah air rebusan daun jambu biji.

Membuatnya sangat sederhana dengan khasiat yang luar biasa. Berikut manfaat air rebusan daun jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meredakan Diare

Minum teh daun jambu biji merupakan solusi bagi penderita diare. Ini dapat meredakan kram perut dan mempercepat pemulihan. Tambahkan daun ke dalam secangkir air panas, lalu saring dan konsumsi sebelum makan.

Jambu Biji

2. Menurunkan Berat Badan

Kamu bermasalah dengan berat badan? Mengonsumsi teh daun jambu biji bisa mengurangi berat badanmu dan menjaga tubuhmu agar tetap bugar.

Minumlah secukupnya, daun jambu biji akan mengolahnya dan mencegah karbohidrat yang ada di tubuh menjadi gula.

3. Mencegah Sakit Pernapasan

Daun jambu biji mengandung vitamin C dan zat besi, sehingga bisa menjadi alternatif untuk mengobati pilek ringan dan juga efektif melegakan saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain memiliki manfaat kesehatan, daun jambu biji juga dapat merawat kulit serta menghilangkan bekas jerawat. Caranya, hancurkan daun jambu bijinya, lalu oleskan pada area yang bermasalah dan lihatlah perbedaannya. Kamu juga bisa mengoleskan daun jambu biji yang telah dihancurkan ini untuk mengencangkan kulit wajah serta merawat kulit agar tetap bersih.

Jambu Biji

5. Mencegah Kerontokan pada Rambut

Bagi kamu yang memiliki masalah pada kerontokan rambut, daun jambu biji adalah solusinya. Dengan cara merebus daun dan lakukan pijatan di kulit kepala, kerontokan rambutmu akan berkurang. Pijatan ini berfungsi agar antioksidannya bekerja dengan baik. Pastikan airnya tidak panas saat kamu melakukan pijatan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Rebusan daun jambu biji juga dipercaya meningkatkan kualitas tidur dan menenangkan saraf, sehingga mencegah stress dan kamu bisa merasa lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini