Ini Loh 4 Keuntungan jika Kamu di Rumah Aja Selama PSBB

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 612 2216885 ini-loh-4-keuntungan-jika-kamu-di-rumah-aja-selama-psbb-s1veS5qW0U.jpg Ilustrasi. (Orgazinedhomeschool)

PEMBATASAN gerak dan aktivitas sosial karena pandemi virus corona, tak dapat dipungkiri memunculkan berbagai dampak psikologis di kalangan masyarakat. Tak sedikit orang yang merasa jenuh, bosan, cemas, takut, bingung, mungkin bahkan kesal.

Bagaimana tidak, kurang lebih dua bulan sudah pemerintah daerah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar(PSBB). Sebab melanjutkan imbauan pemerintah pusat untuk karantina mandiri dengan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

Tapi jangan salah, masa PSBB ini tak melulu negatif loh! Seperti dijelaskan oleh psikolog sekaligus founder SETALA Psychological Center, Zarra Dwi Monica, MPsi, ternyata PSBB ini ada keuntungannya.

Apa saja keuntungan PSBB dari kacamata psikolog? Ditulis Okezone Rabu (20/5/2020), berikut di bawah ini paparan singkatnya.

Lebih kenal keluarga

keluarga

Di masa normal sebelum pandemi, tiap anggota keluarga punya kesibukan masing-masing. Di masa PSBB, di rumah saja seperti sekarang, dikatakan Zarra, kita tak punya pilihan lain, selain hanya bertemu anggota keluarga di rumah.

Nah di kondisi seperti ini, keuntungannya kita jadi punya banyak waktu untuk lebih kenal dengan anggota keluarga. Punya banyak waktu untuk lebih interaksi, saling bercerita, yang mana momen ini sebenarnya agak sulit didapatkan di situasi normal.

“Di kondisi sekarang kita ketemu sama orang yang itu-itu saja, orang rumah. Maka sebetulnya ini momen pas untuk jauh lebih kenal sama keluarga,” ujar Zarra.

Banyak waktu me time

Waktu me time di sini maksudnya lebih ke arah self-care, merawat diri. Masa PSBB, menurut Zarra, membuat kita jadi punya cukup bahkan banyak waktu untuk melakukan banyak hal yang menyenangkan diri sendiri.

Sesederhana punya waktu untuk nonton film, nonton drama Korea, mendengarkan musik dan hal-hal lainnya yang disuka. Inilah momen kita bisa mengalokasikan waktu untuk melakukan hal yang disuka dan membuat diri merasa lebih nyaman.

Bisa refleksi diri

keluarga

Di rumah saja karena PSBB, disebutkan juga oleh Zarra, jadi momen pas untuk mengevaluasi diri. Ya, merefleksi diri untuk melihat sejauh ini apa saja dalam hidup yang sudah berjalan sesuai keinginan, mana yang belum, mana yang targetnya perlu disesuaikan sekaligus pengembangan diri.

“Saat ini bisa jadi waktu pas kita lihat sejauh ini hidup kita sudah sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang kita yakini atau belum. Misalnya, sebenarnya sumber dayanya ada tapi karena enggak sesuai sama value hidup kadang kita jadi merasa hidup kita tidak menyenangkan,” tambahnya.

Di waktu seperti PSBB inilah, orang jadi punya banyak waktu untuk memikirkan target hidup, value hidup dan rencana ke depannya mau seperti apa.

Buat diri jadi waspada

Keuntungan dari PSBB lainnya ialah, di situasi seperti sekarang mau tak mau memicu diri untuk perlu lebih waspada. Waspada tentang masih banyak hal positif yang bisa didapat di kondisi darurat seperti saat ini.

Alih-alih hanya mengeluh, kita jadi dipicu untuk bisa mengelola situasi ini dengan baik. Mengingat kondisi sekarang tidak bisa diubah dan di luar kontrol. Inilah yang membuat, kita jadi waspada dan harus putar otak untuk menemukan cara agar bisa meminimalisir hal-hal negatif dan menemukan sesuatu yang positif.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini