nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biaya Pemakaman Mahal, Perusahaan di Kolombia Buat Kasur Peti Jenazah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 18:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 20 612 2217101 biaya-pemakaman-mahal-perusahaan-di-kolombia-buat-kasur-peti-jenazah-vVsu3e1MvH.jpg Kasur peti jenazah (Foto : Worldofbuzz)

Pandemi virus corona jadi situasi sulit bagi semua orang di seluruh dunia. Di kondisi sulit seperti ini, masyarakat dituntut untuk menjadi kreatif, bisa mencari solusi dari masalah yang ada.

Inovasi sebagai solusi inilah yang ditawarkan oleh ABC Displays, satu perusahaan di Bogota, Kolombia di situasi pandemi corona saat ini.

ABC Displays melihat situasi banyak masyarakat Kolombia yang kesusahan mengurus masalah biaya pemakaman yang tidak murah, karena memakai peti jenazah kayu yang harganya memang mahal.

Akhirnya perusahaan ini mencoba membuat produk, tempat tidur pasien rumah sakit dari kotak kardus dengan dual fungsi. Sebab tempat tidur kardus ini bisa diubah menjadi peti jenazah. Tempat tidur kardus sekaligus peti mati tersebut, dikatakan sengaja dirancang dengan tujuan mengurangi biaya pemakaman sekaligus mengurangi risiko penularan antara staf medis dan pasien COVID-19 yang terinfeksi.

Kasur Peti Jenazah

Tapi jangan salah, meski terbuat dari kardus menurut laporan Japan Times, tempat tidur kardus ini dilengkapi dengan kerangka logam yang dapat dilepas, berfungsi akan membantu menopang berat pasien. Tak hanya itu, menurut laporan The Telegraph, lebih mengagumkan lagi, tempat tidur kardus ini didesain bisa kuat menopang berat badan hingga 150 kilogram, seperti dikutip Worldofbuzz, Rabu (20/5/2020).

Ide inovasi kreatif membuat tempat tidur pasien sekaligus peti mati kardus ini, muncul setelah sang manajer ABC Displays, Rodolfo Gómez melihat banyak keluarga miskin di Ekuador yang begitu kesulitan harus berjuang keras membayar biaya tinggi ketika menguburkan sanak keluarga yang meninggal akibat COVID-19, karena memakai peti mati kayu yang mahal.

Tempat tidur pasien yang bisa diubah langsung jadi peti mati kardus tersebut diketahui dijual dengan harga USD85 atau kurang lebih hanya Rp1,2juta per satu piece. Tapi meskipun dijual dengan murah, sejauh ini menurut laporan The Washington Post belum ada keterangan yang menyebutkan tempat tidur kardus ini sudah dipesan oleh masyarakat Kolombia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini