Demi Cegah COVID-19, Pastur Memerciki Air Suci Kepada Jemaat Pakai Pistol Air

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 20 612 2217282 demi-cegah-covid-19-pastur-memerciki-air-suci-kepada-jemaat-pakai-pistol-air-S99DSx4KyA.jpg Pastur memerciki jemaat dengan air suci untuk cegah penularan COVID-19 (Foto : Thesun)

Seorang pastur di Detroit, Amerika Serikat, menggunakan pistol air untuk memberkati para jemaat gereja dengan air suci dalam kebaktian Paskah beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui air suci adalah salah satu hal penting dalam ritual ibadah Gereja Katolik. Selama Pekan Suci, air ini telah digunakan oleh para imam ketika jemaat memperbaharui janji pembaptisan mereka pada Paskah.

Kebiasaan itulah yang membuat Pastur Tim Pelc memutar otak untuk Paskah kali ini. Ia akhirnya memutuskan untuk melakukan pelayanan misa dengan berpegang pada tradisi gereja, tapi menerapkan physical distancing.

Pastur

Alih-alih memerciki air suci ke umat dengan menggunakan peralatan liturgi yang sudah standart, ia memutuskan pakai pistol air. Mainan ini dianggap bisa membantu Pastur Pelc untuk “membagi berkat” kepada umat di gereja, tapi tetap terhindar dari kemungkinan penularan COVID-19.

Saat ini foto-foto aksi unik Pastur Pelc saat memerciki umat dengan air suci yang ditembakkan pakai pistol mainan, dan diabadikan oleh Larry Peplin telah menjadi viral di media sosial.

Mereka pertama kali mengunggah foto Paroki St. Ambrose di media sosial, Facebook pada April 2020. Foto-foto itu bahkan menginspirasi bahan pembicaraan photoshop di Reddit.

Popularitas yang dihasilkan oleh foto-foto itu telah menyenangkan hati Pastor Pelc yang kini berusia 70 tahun. Ia telah menjadi imam di paroki Detroit selama 30 tahun dan terkenal dengan idenya yang aneh.

Meskipun terlihat aneh dan lucu, tapi para jemaat tampak menerima aksi unik Sang Pastor. Dalam sebuah wawancara, Pastor Pelc mengatakan "Gagasan awalnya adalah melakukan sesuatu untuk anak-anak paroki. Mereka siap untuk merayakan Paskah tidak seperti tahun-tahun lalu. Maka, saya berpikir, apa yang bisa kita lakukan untuk tetap melakukannya bersamaan dengan physical distancing?”

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (19/5/2020), setelah muncul ide untuk menggunakan pistol air, Pastor Pelc bertanya kepada seorang teman yang merupakan dokter di ruang gawat darurat apakah aman untuk melakukannya? Begitu Pastor Pelc mendapatkan jawaban, dia langsung melakukannya.

Pastur

"Cara ini bukan hanya aman, tapi juga menyenangkan. Memercikkan air suci ke umat adalah sebuah ritual dalam perayaan misa Paskah. Namun kini saya harus memodifikasi cara memercikkan air suci ini kepada umat, agar tetap aman terhindar dari penularan virus corona,” ucap Pelc.

Pastor Pelc mengatakan ini adalah berita yang bagus dan umat di gerejanya menginginkan sesuatu seperti itu. Christine Busque, manajer akun Facebook gereja, memposting foto-foto asli Pastor Pelc. Ia mengaku senang bahwa begitu banyak orang di seluruh dunia sekarang menghargai perhatian dan kreativitas Pastor Pelc.

"Orang-orang ingin memiliki sisi terang terhadap hal-hal yang terjadi di dunia saat ini. Mereka melihat itu, dan saya pikir mereka melihat bahwa dia cukup peduli dengan umatnya untuk ingin mempertahankan tradisi tetapi tetap bekerja di dalam pedoman CDC untuk menjadi aman,” tuntas Busque.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini