Trik Masak Rendang Sampai Empuk ala Sisca Soewitomo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 22 298 2218063 trik-masak-rendang-sampai-empuk-ala-sisca-soewitomo-rA6zMxmQQZ.jpg Ilustrasi. (Butterkicap)

MEMASAK rendang daging untuk hidangan Idul Fitri menjadi satu hal yang dikhawatirkan untuk pemula. Kalau pertama kali masak rendang, khawatir nanti hasilnya alot.

Belum lagi memasak rendang juga membutuhkan waktu lama, sehingga orang malas berkutat di dapur. Padahal kalau Anda mengikuti triknya dengan benar, memasak rendang itu mudah dan menyenangkan.

Chef Sisca Soewitomo pun akan berbagi trik mudah masak rendang. Menurutnya, memasak rendang tidak perlu lama, apalagi banyak alat untuk memasak yang semakin canggih.

Anda dapat menyimak beberapa trik berikut sebelum memasak rendang daging, yang nantinya akan disantap bersama opor ayam dan ketupat. Simak yuk ulasannya sebagai berikut.

Pilih daging yang bagus

daging

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan daging. Jika pemilihan daging yang kurang tepat akan berpengaruh pada waktu memasak. Pilih daging sapi bertekstur lunak. Tidak perlu memakai daging sapi impor karena daging sapi lokal pun bisa digunakan. Paling enak memakai bagian has dalam, tapi sebaiknya tidak memakai daging sapi bagian paha karena teksturnya keras.

Siapkan bumbu

rendang

Setelah itu, siapkan bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai, jahe, serta rempah-rempah daun. Semua bahan tersebut merupakan bumbu utama dalam membuat rendang. Kalau sudah dihaluskan tumis bumbunya sampai wangi.

Perhatikan step memasukkan santan

Kalau bumbu sudah matang dan aromanya harum, masukkan santan kental, aduk terus-menerus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan dagingnya dan masak hingga kering.

Pergunakan alat masak yang tepat

Selain memasak dengan kuali di atas api kecil, ada cara lain untuk membuat rendang. Anda bisa memakai panci tekan atau panci presto. Karena dengan alat tersebut, uap perebusan tidak akan keluar sehingga daging akan lebih cepat empuk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini