nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Opor Ayam, Ini 5 Menu Makanan yang Enak Disantap dengan Ketupat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 01:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 22 298 2218276 selain-opor-ayam-ini-5-menu-makanan-yang-enak-disantap-dengan-ketupat-uPGmmVAcuG.jpg Rendang ketupat (Foto : Wordpress)

Menu makanan opor ayam menjadi salah satu kuliner khas lebaran yang disantap dengan ketupat. Sebagian besar masyarakat akan membuat hidangan ini untuk disantap bersama keluarga besar maupun teman terdekat.

Meski identik dengan lebaran, namun opor ayam bukan satu-satunya hidangan yang bisa Anda nikmati dengan ketupat di hari Idul Fitri. Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftar makanan lebaran selain opor ayam yang enak disantap dengan ketupat.

1. Rendang daging

Rendang Ketupat

(Foto : Wordpress)

Jika bosan dengan opor ayam dan ketupat, maka rendang daging bisa menjadi solusinya. Anda bisa mengganti opor ayam atau menambahkan variasi menu dengan rendang daging. Keduanya juga enak disantap dengan ketupat. 

2. Sayur lodeh

Ketupat Sayur Lodeh

(Foto : masakapaya)

Sayur lodeh adalah salah satu alternatif makanan berkuah yang nikmat di santap selama lebaran bersama ketupat. Kuahnya yang segar dan gurih bisa meningkatkan napsu makan. Tambahan tahu dan tempe akan membuat menu makanan ini semakin nikmat.

3. Semur daging

Semur Daging Ketupat

(Foto : @gigih_lestari/Instagram)

Semur daging cenderung mudah dibuat dan bisa dimasak dengan gurih atau manis. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan keinginan. Nah, semur daging juga bisa menjadi pendamping yang lezat ketupat, yummy!

4. Gulai 

Ketupat Gulai Buncis

(Foto : Cookpad)

Menu gulai bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai pengganti opor ayam untuk disantap dengan ketupat. Kuah gulai yang gurih dan kaya rasa bisa menggugah selera makan saat lebaran.

5. Soto ayam

Ketupat Soto Ayam

(Foto : Cookpad)

Soto ayam juga cocok dijadikan santap lebaran bersama keluarga. Anda bisa memilih sendiri jenis kuah sesuai selera, bisa disantan atau dikuah bening. Soto ayam juga cocok dihidangkan bersamaan dengan ketupat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini