nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal COVID-19, Siti Fadilah Yakin Indonesia Mampu Buat Vaksin Sendiri

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 12:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 481 2217927 soal-covid-19-siti-fadilah-yakin-indonesia-mampu-buat-vaksin-sendiri-fMBN2IiUEV.jpg Mantan Menkes Siti Fadilah. (Foto: Instagram)

MANTAN Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari muncul di publik membahas pandemi dan vaksin. Dalam keterangannya, banyak menyinggung soal Flu Burung, yang ternyata status pandeminya ia gagalkan.

Selain membahas Flu Burung, Siti Fadilah pun membahas COVID-19. Di awal pembicaraan, ia menduga adanya konspirasi Bill Gates pada kasus ini. Sebab, sosok pria tersebut ada di balik pembuatan vaksin COVID-19.

siti fadila

"Hampir di seluruh tempat yang membuat vaksin, ada sumbangan Bill Gates di dalamnya," kata Siti dalam video Youtube berjudul Siti Fadilah, Sebuah Konspirasi-Saya Dikorbankan (Exclusive) yang dibagikan Rabu, 20 Mei 2020.

Kemudian, Deddy coba meminta tanggapan Siti Fadilah jika ia diminta mengatasi kasus COVID-19. Menurutnya, Indonesia seharusnya mampu menciptakan vaksin sendiri, kalau diperlukan.

"Indonesia harus mandiri, buat vaksin sendiri. Kalau tidak, ya, gak perlu vaksin. Orang Indonesia antibodinya tinggi. Saat flu burung antibodi orang Indonesia luar biasa," papar dia.

Lalu, Deddy coba meyakinkan Siti apakah Indonesia mampu dan mantan Menkes yang kini dipenjara karena tuduhan korupsi alat kesehatan tersebut menjawab, "Mampu! Menurut saya bisa, kita mampu".

Siti pun meminta agar Indonesia bisa mandiri, jangan tergantung pada asing terus. Pada kasus COVID-19 ini misalnya, dia sangat yakin kalau Indonesia itu bisa membuat vaksin, bahkan alat tes yang mumpuni. "Kita mampu membuat vaksin sendiri, bikin rapid test sendiri, bikin swab test sendiri, bahkan bikin primer sendiri," ungkapnya.

Bagi dia, kalau terlalu banyak kontribusi asing, nasionalisme akan hilang. "Nanti tidak akan tahu inangnya siapa," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini