nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AS Imbau Warganya Sediakan Masker dan Hand Sanitizer di Kolam Renang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 16:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 481 2218082 as-imbau-warganya-sediakan-masker-dan-hand-sanitizer-di-kolam-renang-6Z6AMXbzoa.jpg Ilustrasi (Foto : Foxnews)

Pejabat kesehatan federal Amerika Serikat (AS) memberikan peringatan kepada masyarakat yang ingin bersantai di kolam renang pada musim panas. Mereka mengimbau masyarakat untuk menyediakan masker wajah dan pembersih tangan hand sanitizer selain kacamata dan tabir surya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru-baru ini merilis daftar panjang pedoman keselamatan untuk kolam umum yang beroperasi. Pedoman tersebut berfokus pada bak air panas, dan taman bermain air yang masih beroperasi di tengah pandemi virus corona COVID-19.

“Namun, keputusan tentang penerapan peraturan ini harus dibuat secara lokal dan bekerja sama dengan pejabat kesehatan setempat," tulis CDC, melansir dari Fox News, Jumat (22/5/2020).

Kolam Renang

Badan federal sudah mencatat tidak ada bukti virus yang menyebabkan COVID-19 dapat menyebar ke orang lain melalui air di kolam, bak air panas, atau area bermain air lainnya. Meski begitu, kerumunan yang ada di kolam-kolam publik memang menimbulkan risiko terjadinya infeksi.

Oleh karena itu, semua pengunjung kolam harus menjaga kebersihan tangan sesuai dengan standar, menutupi batuk dan bersin, mematuhi pedoman jaga jarak (social distancing), dan mengenakan masker kain sesuai dengan saran CDC.

CDC menyarankan agar tidak mengenakan masker kain saat berada di air karena dapat menyebabkan kesulitan bernapas saat basah. Para perenang mungkin juga akan mendengar pengumuman reguler melalui sistem PA dan melihat tanda-tanda yang dipasang memberitahukan keselamatan di sekitar virus.

Kolam renang umum yang tetap beroperasi pada musim panas ini harus mengikuti prosedur dengan mendisinfeksi permukaan benda seperti kursi santai, dan kickboard setiap harinya sesuai dengan aturan CDC.

Para pengunjung yang berada di dalam air juga seharusnya tidak berharap untuk berenang dalam jarak dekat dengan teman-teman mereka. Penggunaan kamar mandi juga bisa didiskusikan agar para pengunjung tidak berdesak-desakan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini