nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 6 Jenis Fondation Sebelum Memakai, Jangan Sampai Salah Pilih

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 19:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 611 2218203 kenali-6-jenis-fondation-sebelum-memakai-jangan-sampai-salah-pilih-ye9lWiowkh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ALAS bedak atau fondation memang memiliki tiga manfaat untuk wajah, yakni meratakan warna kulit, menutupi kekurangan wajah, seperti flek atau bekas jerawat, dan mampu membuat tekstur wajah lebih halus dan bercahaya.

Tapi, sebelum Anda membeli alas bedak atau foundation yang sesuai, Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Sesuaikan foundation pilihan Anda dengan warna kulit Anda.

Melansir Female First, berikut pemilihan alas bedak yang tepat yang disesuaikan dengan kulit Anda.

Water-based foundation

Foundation jenis ini cocok untuk hampir semua jenis kulit. Terutama jenis kulit sensitif dan kombinasi. Bahan dasarnya terdiri dari air, yang memang lebih ringan dari minyak, maka hasilnya akan tampak lebih natural.

Biasanya minyak silikon digunakan sebagai bahan tambahan agar alas bedak dapat menempel di kulit. Hasil akhir alas bedak jenis ini tampak alami dan dapat diserap dengan baik oleh kulit.

Pemakaian alas beda

Oil-based foundation

Alas bedak berbahan dasar minyak ini cocok untuk kulit kering atau kulit menua. Hasil akhir pemakaian foundation tampak matte dan cenderung berat. Setelah beberapa saat, alas bedak jenis ini tampak berubah warna ke arah jingga dan biasanya minyak dan pigmen foundation tampak terpisah atau tidak menyatu lagi.

Oil-free foundation

Jenis yang satu ini sebaiknya digunakan untuk kulit berminyak karena berbahan dasar talcum yang menyerap kelebihan minyak pada kulit, hingga wajah tidak tampak mengkilap dan lebih matte. Hampir sama dengan water-based foundation, minyak silikon tetap dibutuhkan agar alas bedak dapat menempel di kulit dengan baik dan hasil akhirnya riasan tampak sedang.

Tinted moisturizer

Alas bedak jenis ini sedikit berbeda dengan yang konvensional. Alas bedak jenis ini tak beda dengan moisturizer atau pelembab kulit pada umumnya, hanya ada tambahan pewarna dan mengandung sun block atau tabir surya. Alas bedak ini cocok untuk kulit normal cenderung kering, apalagi untuk kulit menua yang mulai keriput.

Sifatnya yang ringan, jenis ini tidak menyelip di antara kulit keriput atau lipatan kulit, sehingga tampilan terlihat alami dan ringan. Alas bedak ini baik jika akan digunakan saat berolahraga diruang terbuka, seperti main tenis atau golf.

Cream foundation atau cream powder

Biasanya dikemas dalam bentuk compact atau stick. Walaupun mengandung minyak dan terasa creamy, alas bedak ini tampak matte dan powdery. Jika ingin digunakan sebagai alas bedak, gunakan spon basah. Tapi bila digunakan sebagai bedak, cukup gunakan kuas bedak. Hasil akhir akan tampak matte, berat, dan terkesan menutup kulit berikut pori-porinya.

Spray foundation

Ini yang terkini, dikemas di botol tinggal menekan tombol maka partikel sangat halus dari foundation akan tersebar dipermukaan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini