nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Es Pallu Butung khas Makassar untuk Takjil Buka Puasa Terakhir

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 14:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 23 298 2218564 resep-es-pallu-butung-khas-makassar-untuk-takjil-buka-puasa-terakhir-JzN84lI1mA.jpg Es Pallu Butung. (Foto: Instagram/@hanhanny)

TAK terasa bulan puasa Ramadhan akan berakhir dan seluruh umat muslim di dunia bersiap menyambut Hari Kemenangan. Tentunya menikmati minuman spesial di hari terakhir berbuka puasa adalah ide yang menyenangkan.

Tak melulu harus mewah, Anda hanya memerlukan bahan yang mudah dicari tanpa membutuhkan waktu yang lama. Biasanya kolak dan es timun suri menjadi minuman yang paling sering disajikan selama Ramadhan.

Namun masih ada beberapa resep minuman yang tak kalah enak dan menyegarkan. Misalnya saja es pallu butung khas Makassar yang cocok disantap sebagai takjil saat buka puasa terakhir. Gimana ya cara membuatnya? Yuk simak resepnya, dilansir Okezone dari laman Instagram @hanhanny.

Bahan baku:

es pallu butung

5 buah pisang kepok tua matang, tapi jangan yang lembek.

Sirup merah rasa cocopandan, secukupnya

Es batu/Es serut, secukupnya

Bahan fla sumsum:

500 cc santan kental dari satu butir kelapa.

50 gram tepung beras (kekentalan sesuai selera)

1 lembar daun pandan

50 gr gula pasir ( manis sesuai selera )

1/2 sdt garam

Cara membuat:

1. Kukus pisang dengan kulitnya hingga matang, sisihkan ( kupas saat hendak disajikan;

2. Ambil 50 gram tepung beras,encerkan dengan mengambil sedikit santan, aduk rata supaya tidak bergerindil lalu campurkan dengan sisa bahan santan, gula pasir, garam, daun pandan;

3. Masak dengan api kecil, aduk terus agar tidak bergerindil, didihkan sampai meletup-letup dan mengental, matikan api, tunggu fla hangat/dingin suhu ruang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini