Aneka Ketupat Lebaran Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 298 2218672 aneka-ketupat-lebaran-khas-dari-berbagai-daerah-di-indonesia-134fNUGx41.jpg Ketupat Palas (Foto : Cookpad)

Ketupat merupakan hidangan khas masyarakat Indonesia ketika menyambut Lebaran. Hidangan ini wajib ada di meja makan untuk disantap dengan makanan khas Lebaran lainnya, terutama opor ayam.

Tapi, tahukah Anda jika ketupat di setiap daerah memiliki perbedaan? Berikut Okezone rangkumkan ketupat Lebaran dari berbagai daerah :

Ketupat Pulut

Ketupat Puluh

(Foto : Cookpad)

Di pesisir Sumatera Utara ketupat Pulut biasa ditemukan. Ketupat ini berbeda dibandingkan ketupat pada umumnya, karena dibuat oleh ketan bukan beras. Ketupat biasanya disajikan dengan rendang dan tapai ketan hitam.

Ketupat Bareh

Ketupat Bareh

(Foto : Eresep)

Ketupat Bareh ini asalnya berada dari tanah Minang. Namun, Anda juga bisa menemukannya di Sumatera Utara dan Sulawesi. Ketupat ini jika di Padang biasa disajikan dengan asam padeh dan sambal kelapa.

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

(Foto : Wikipedia)

Jika pergi ke Banjarmasin, Anda akan menemukan ketupat kandangan. Di mana ketupat dibentuk dengan tekstur kasar dan hancur. Cara menikmatinya, Anda harus menghancurkan ketupat terlebih dahulu lalu disajikan dengan ikan gabus.

Ketupat Palas

Ketupat Palas

(Foto : Cookpad)

Ketupat Palas ini dibuat oleh ketan kemudian dibalut dengan daun palas atau lontar muda. Sebab itu, teksturnya pulen dengan aroma daun lontar. Uniknya, ketupat yang populer di Medan ini tidak berbentuk belah ketupat, melainkan segtiga. Selain bisa dinikmati langsung, ketupat ini juga bisa dinikmati bersama rendang atau hidangan kari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini