nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertambahan Positif Corona Harian Hampir 1.000, Jubir COVID-19 Ingatkan Pentingnya Jaga Jarak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 18:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 05 23 481 2218627 pertambahan-positif-corona-harian-hampir-1-000-jubir-covid-19-ingatkan-pentingnya-jaga-jarak-U7joCEwYxE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS pasien positif COVID-19 di Indonesia masih memperlihatkan peningkatan signifikan. Per hari ini, Sabtu (23/5/2020), angka kenaikan per harinya sebanyak 949 kasus baru dengan total 21.745 kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Angka kenaikan ini cukup tinggi jika dibandingkan hari sebelumnya, yaitu Jumat (22/5/2020) dengan jumlah kenaikan kasus di angka 634 kasus per hari. Menjadi perhatian semua orang untuk semakin waspada dengan virus corona yang masih ada di tengah masyarakat.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan, di dalam kondisi seperti sekarang ini sudah seyogyanya seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak bepergian jika dirasa tidak perlu.

"Di dalam kondisi seperti sekarang dengan kinerja data seperti ini, (kami imbau pada masyarakat untuk) dilarang keluar rumah, (untuk) bepergian," kata Yuri, dalam konferensi pers virtual di Graha BNPB, Jakarta.

Yuri melanjutkan, dengan imbauan tersebut, diharapkan pada masyarakat untuk benar-benar tidak keluar rumah kecuali dalam kondisi yang sangat darurat. "Kalau enggak penting, ya, jangan keluar rumah," tambahnya.

Di sisi lain, ia pun menyampaikan pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang menyarankan untuk tidak melaksanakan sholat Idul Fitri berjamaah. Buat mereka yang mau takbiran, lakukan ibadah itu di rumah saja. "Ingat pesan Wakil Presiden, sholat Id di rumah, takbir di rumah," terangnya.

Yuri juga menambahkan, jangan khawatir kehilangan momen silaturahmi di Lebaran, karena sekarang ini sudah ada teknologi yang memudahkan aktivitas tersebut. Jadi, manfaatkan teknologi untuk tetap saling terhubung dengan sanak saudara atau orang tersayang saat Lebaran.

Dia pun berharap semoga situasi ini segera pulih dan masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitas seperti biasa tentu dengan perilaku hidup bersih dan sehat. "Kita semua ingin segera pulih untuk kembali produktif tetapi tetap aman dari COVID-19," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini