Jangan Sampai Kolesterol Naik, Simak 6 Cara Tetap Sehat saat Lebaran

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 298 2218838 jangan-sampai-kolesterol-naik-simak-6-cara-tetap-sehat-saat-lebaran-o4XvvExtWt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MOMEN Lebaran memang menjadi saat di mana banyak makanan berlimpah. Saking banyaknya, terkadang kita lupa untuk menjaga untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi.

Akibatnya, kadar kolesterol tubuh akan naik, tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. Lantas, bagaimana caranya tetap sehat saat lebaran ini?

Dokter spesialis penyakit dalam, dr Fransiscus Ari, Sp.PD, memberikan beberapa tips untuk menjaga kadar kolesterol saat Lebaran. Yuk simak.

Berhentilah makan sebelum kekenyangan

Melihat menu makanan yang disajikan saat Lebaran terkadang membuat kita ingin menyantap semuanya karena makanan-makanan itu mungkin jarang ditemukan di hari-hari biasa. Anda tidak boleh membiarkan diri Anda tergiur oleh makanan, sehingga terus menyantap makanan walaupun perut sudah kenyang.

Hal ini tentunya tidak baik bagi tubuh. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengambil menu yang Anda inginkan sesuai porsi. Tidak perlu melahap semua menu dalam satu waktu. Menu lain bisa Anda makan jika sudah merasa lapar kembali.

Hindari bagian kulit ayam

Menu lain yang seringkali dihidangkan saat Lebaran adalah opor ayam. Tak jarang potongan ayam memiliki bagian kulit. Walaupun kulit ayam rasanya enak, Anda harus membuang jauh-jauh keinginan Anda untuk memakan kulit.

Kenapa? Karena kulit ayam juga merupakan salah satu bagian yang mengandung banyak kolesterol. Agar kadar kolesterol tetap terjaga, Anda bisa memakan daging ayamnya saja.

Kurangi minuman manis atau bersoda

Tidak jarang minuman bersoda, sirup, dan es buah disajikan saat Lebaran. Semua minuman itu sering kali dijadikan pilihan dibanding air putih. Setelah lelah berkeliling dengan hawa yang panas memang rasanya lebih nikmat bila meminum minuman es.

Tapi minuman-minuman itu mengandung kalori yang cukup tinggi karena kandungan gulanya banyak. Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi kalori dan kalori itu tidak terbakar, kalori bisa menjadi kolesterol.

Jadi, lebih baik Anda minum air putih karena selain lebih sehat, bisa menetralkan makanan yang Anda konsumsi di dalam tubuh.


Kurangi kuah yang mengandung santan

Tak lengkap rasanya jika Lebaran tidak memakan ketupat. Kadang saat makan ketupat dibarengi dengan kuah sayur atau opor ayam. Namun, rata-rata kuah yang disajikan mengandung santan. Santan mengandung kolesterol yang lumayan tinggi.

Untuk itu, Anda juga harus membatasi diri memakan ketupat dengan kuah sayur atau lainnya yang mengandung santan. Jangan membuat ketupat banjir kuah. Ambillah kuah secukupnya untuk menemani makan ketupat agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kolesterol di saat Lebaran.

Tambah proporsi sayuran

Banyaknya pilihan menu saat Lebaran jangan membuat Anda lupa untuk makan sayuran. Bahkan, kalau bisa perbanyak porsi sayuran. Selain sehat karena mengandung banyak vitamin, sayuran juga tinggi serat sehingga membuat Anda merasa cepat kenyang.

Hindari bagian daging yang berlemak

Saat Lebaran, salah satu menu yang pasti ada adalah rendang. Rasanya kurang lengkap jika Lebaran tidak memakan rendang. Namun, daging rendang yang kita makan mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Untuk meminimalisir tingginya kolesterol saat Lebaran, Anda bisa tetap makan rendang ataupun menu lain yang mengandung daging dengan menyingkirkan bagian lemaknya. Usahakan jangan memakan lemak pada daging, karena bagian itu mengandung kolesterol yang lebih banyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini