Muffin Blueberry Bisa Jadi Pertolongan Pertama Cegah Kolesterol Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 298 2218850 muffin-blueberry-bisa-jadi-pertolongan-pertama-cegah-kolesterol-loh-CTNxs5h6A9.jpeg Muffin Bluberry. (Foto: Taste)

LEBARAN memang menjadi salah satu momen untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu, salah satu hal yang biasa kita lakukan saat lebaran adalah membuat banyak makanan.

Tidak heran, Anda jadi memiliki hasrat tinggi untuk menjajal makanan yang ada. Tapi, makan tanpa pandang bulu bisa membuat tubuh Anda mengalami kelebihan kolesterol loh.

Nah, dilansir dari Belmarrahealth, ternyata ada loh makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, yakni muffin blueberry. Seorang ilmuwan dari Universitas of Queensland, Australia, Nima Gunnes, menemukan kandungan baik di dalam sebuah muffin blueberry.

Muffin blueberry diyakini rendah lemak dan mengandung beta-glucans, sejenis serat larut yang banyak ditemukan di dinding sel gandum sereal. Serat itu dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa beta glucans tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah dengan memperlambat penyerapan lemak.

Menurutnya, satu mangkok muffin, terkandung 3 gram beta glucans yang dapat menjaga gigi Anda dan kesehatan hati tetap terjaga. "Tapi Anda tidak bisa mengganti obat Anda dengan hanya mengonsumsi muffin. Muffin dikonsumsi hanya sekadar tindakan pencegahan yang bisa dilakukan," jelas dia.

Jadi, bila Anda ingin menciptakan suasana Lebaran yang sehat, kehadiran muffin blueberry bisa menjadi jawabannya.

Tapi, jika ingin menghilangkan kolesterol jahat di tubuh, maka bisa dilakukan dengan olahraga yang teratur dan selalu menjaga pola makan lainnya juga menjadi cara pencegahan yang tepat. Berhenti merokok, dan perbanyak mengonsumsi serat juga perlu ditambahkan ke dalam list pencegahan kolesterol jahat menumpuk di tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini