Lebaran Berasa Hambar? Ini 5 Cara Aman Rayakan Idul Fitri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 612 2219026 lebaran-berasa-hambar-ini-5-cara-aman-rayakan-idul-fitri-pkP2HnQstP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RISIKO penularan virus corona COVID-19 di Tanah Air dikhawatirkan akan semakin besar, terutama pada momen Idul Fitri 1441 Hijriah. Meskipun sudah melewati hari pertama, tapi mungkin Anda merasa ada yang kurang.

Memang biasanya kita berkumpul dengan keluarga besar, namun tradisi ini memiliki risiko penularan COVID-19 yang cukup tinggi. Merangkum dari Times of India, Minggu (24/5/2020), berikut lima cara aman merayakan lebaran bersama keluarga di masa PSBB.

Rencanakan Iftaar secara virtual

Iftaar adalah tradisi yang kerap dilakukan umat Muslim selama bulan Ramadhan. Biasanya seseorang akan memasak hidangan lezat yang akan disuguhkan kepada anggota keluarga dan teman-teman.

Tapi selama pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk berkomunikasi secara online dengan teman dan anggota keluarga lainnya di kampung serta melaksanakan iftaar di tempat mereka sendiri.

Mendekorasi rumah bertemakan Lebaran

Salah satu cara untuk mengusir kebosanan adalah dengan mendekorasi rumah Anda dengan tampilan yang meriah. Anda bisa mendekorasi rumah dengan tema lebaran.

Jangan lupa untuk memutar lagu-lagu doa keagamaan yang sesuai dengan acara tersebut. Setidaknya hal ini akan membuat Anda sedikit gembira meski tanpa kehadiran saudara atau teman-teman terdekat Anda.

Beramal secara online

Berbagi dengan sesama yang membutuhkan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan selama bulan Ramadhan. Namun untuk meningkatkan keamanan, sebaiknya seseorang beramal secara online. Saat ini banyak organisasi yang memberikan bantuan sumbangan secara online kepada orang-orang yang membutuhkan.

Tetap tampil spesial saat Idul Fitri

Pandemi COVID-19 memang membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Anda mungkin tidak memiliki pakaian baru untuk dikenakan karena semua pasar dan toko tutup selama masa PSBB. Tetapi jangan sampai hal tersebut menyusutkan semangat Anda untuk berlebaran. Anda bisa menggunakan pakaian lama dan merias diri. Cara ini akan membuat Lebaran Anda jauh lebih baik.

Social distancing selama merayakan Idul Fitri

Jika ada beberapa teman yang memang berkunjung ke rumah Anda selama Idul Fitri, pastikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dapat diterapkan dengan baik. Hindari berpelukan atau berjabat tangan dan berinteraksi dengan orang lain dalam jarak sekira satu meter. Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kebersihan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini