Tips Simpan Makanan Sisa Lebaran, Jangan Asal Dong

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 298 2219269 tips-simpan-makanan-sisa-lebaran-jangan-asal-dong-auMuU2tql0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LEBARAN memang identik dengan berbagai jenis makanan. Tapi, semua makanan itu tidak harus Anda habiskan hari itu juga loh. Apalagi, jika makanan tersebut tinggi kolesterol.

Nah, daripada sakit karena terlalu banyak makan, kenapa tidak simpan makanan tersisa tersebut dalam kulkas. Tapi ingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menempakan makanan di lemari pendingin tersebut.

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan tersebut? Yuk disimak seperti dilansir dari Timesofindia.

Pertama, makanan yang hendak ingin disimpan dalam lemari pendingin, harus dibuat dalam bentuk porsi –porsi yang kecil. Mengapa? Karena hal ini untuk memastikan pendinginan yang seragam.

Nah, jika punya buah yang baru dipotong atau diolah jadi jus, pada dasarnya harus segera langsung dikonsumsi. Namun, bisa tetap disimpan di lemari es dengan wadah tertutup rapat dengan catatan, dalam waktu yang singkat.

simpan makanan di kulkas

Sementara untuk makanan matang yang dikonsumsi di kemudian waktu, sebelum disimpan di lemari es terlebih dahulu harus didinginkan. Sebaiknya, beri label paket makanan dengan tanggal menggunakan stiker untuk melacak makanan yang disimpan ini.

Letak penataan dalam menyimpan berbagai jenis makanan di kulkas juga harus diperhatikan loh. Ingat, ketika menyimpan di dalam kulkas, maka simpanlah makanan matang di rak bagian atas, sedangkan bahan makanan mentah di rak bagian bawah.

Lalu, untuk makanan yang dimasak sebelumnya (pre-cooked) seperti kentang goreng, akan lebih baik jika disimpan beku di dalam freezer.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini