Share

Makan Bawang Putih Banyak-Banyak Tak Akan Lindungi Diri Anda dari Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 481 2219467 makan-bawang-putih-banyak-banyak-tak-akan-lindungi-diri-anda-dari-corona-JqPdSbVvNp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAWANG putih memang salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak nilai positif. Digunakan untuk pengobatan tradisional selama bertahun-tahun, bawang putih memang memiliki sifat antioksidan.

Bahkan, pengobatan dengan bawang putihi tidak memiliki efek samping. Dilansir dari Healthy, studi penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih mengandung senyawa anti-oksidan.

Seperti allyl cysteine, alliin, allicin, dan allyldisulphide. Studi ini menemukan bahwa semua senyawa bawang putih ini menunjukkan pola aktivitas anti-oksidan yang berbeda. Seperti penghambatan peroksidasi lipid, pemulungan superoksida dan radikal bebas hidroksil.

manfaat bawang putih

Tapi, makan bawang putih tidak akan membantu kita terlindungi dari virus corona. Meskipun, bawang putih adalah makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa sifat antimikroba. "Tidak ada bukti dari wabah saat ini bahwa makan bawang putih telah melindungi orang dari coronavirus baru," jelas WHO dalam situsnya.

Selain itu, bawang putih mentah memiliki potensi anti-oksidan yang tinggi, dosis yang lebih tinggi dapat menjadi racun bagi jantung, hati, dan ginjal, sehingga kita perlu berhati-hati dan sepenuhnya menyadari dosis saat mengonsumsi bawang putih atau suplemennya.

Bawang putih juga mencegah penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis. Produksi sitokin inflamasi yang terlihat pada penyakit tersebut berkurang secara signifikan dengan adanya ekstrak bawang putih.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini