Video TikTok Ini Perlihatkan Fakta Menyeramkan dari Stroberi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 298 2219533 video-tiktok-ini-perlihatkan-fakta-menyeramkan-dari-stroberi-PPW9HE51QY.jpg Cuci stroberi sebelum mengonsumsinya (Foto : Asiaone)

Baru-baru ini fakta baru mengenai buah stroberi terungkap berkat video viral yang ada di TikTok. Buah cantik dan terlihat manis ini ternyata menyimpan sesuatu yang menyeramkan di balik bentuknya.

Dalam video Tiktok tersebut seorang wanita terlihat merendam stroberi di dalam air garam selama 10 menit. Dari situ ia melihat serangga muncul dari pori-pori buah. Terbayang bukan apabila Anda memiliki kebiasaan untuk tidak mencuci buah.

Sebagaimana diketahui, serangga menyeramkan yang hidup di stroberi bukanlah hal yang baru. Pada dasarnya hal ini adalah normal. Sebagian besar orang akan memakan serangga itu selama mengonsumsi buah. Hal ini dibenarkan oleh Ahli Entomologi dan Profesor di Cornell University, Greg Leob.

"Jika Anda makan produk segar, Anda makan serangga,” terang Leob, sebagaimana dilansir Asia One, Selasa (26/5/2020).

@babyadrianne

SO GROSS!!! ##washyourstrawberries ♬ original sound - babyadrianne

Ahli Tanaman Stroberi dan Buah Kecil, Sriyanka Lahiri mengatakan kondisi ini bisa terjadi karena lalat buah, khususnya Spotted Wing Drosophila (SWD), akan sering bertelur di dalam buah-buahan berdaging lunak, seperti raspberry, ceri, dan stroberi, tepat sebelum panen.

“Ada organisme di buah Anda dan bahkan jika itu membuat orang tidak nyaman, itu pasti tidak akan menyakiti mereka. Makan serangga itu tidak akan membuat Anda sakit," kata Leob.

Untungnya mencerna lalat buah yang ada di dalam stroberi tidak berbahaya. Terbukti tidak ada tindakan yang diambil oleh otoritas makanan di seluruh dunia. Sebagai contoh, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengizinkan persentase serangga itu berada dalam makanan.

Mereka menjelaskan bahwa 'tidak praktis secara ekonomi' bagi tanaman untuk 100 persen bebas dari semua kekurangan, termasuk serangga, cacing, dan jamur.

Meski terasa sedikit mual dengan mengonsumsi serangga sebagai protein tambahan dalam buah-buahan, namun Loeb mengatakan seseorang tidak perlu bekerja keras untuk mencuci buah-buahan.

“Air saja sudah cukup karena serangga yang mungkin Anda konsumsi adalah serangga kecil yang Anda bahkan tidak akan memperhatikannya,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini