Destinasi Wisata Tebing Breksi Bersiap Sambut Era New Normal

Selasa 26 Mei 2020 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 406 2220009 destinasi-wisata-tebing-breksi-bersiap-sambut-era-new-normal-2eLRyRf1XW.jpg Tebing Breksi (Foto : @tebing_breksi/Instagram)

Indonesia bersiap menghadapi era new normal di tengah pandemi Covid-19. Berbagai sektor mulai dipersiapkan untuk memasuki era new normal, termasuk pariwisata.

Beberapa daerah mulai mempersiapkan sektor pariwisata untuk memasuki era new normal, salah satunya Sleman.

Dikutip dari Krjogja.com, Pemkab Sleman bersiap menghadapi New Normal, sektor pariwisata menjadi salah satu yang dipersiapkan untuk mulai dapat kembali dikunjungi wisatawan setelah beberapa bulan sempat vakum. Salah satunya yakni obyek wisata unggulan di Kaliurang Pakem dan Tebing Breksi di Prambanan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih menjelaskan dalam pembukaan obyek wisata nantinya tetap protkol pencegahan Covid-19 diberlakukan, baik bagi wisatawan, pengelola maupun para pelaku wisata.

“Sarana dan prasarana saat ini tengah dipersiapkan untuk mendukung New Normal Pariwisata tersebut dengan mengacu pada protokol kesehatan penanganan Covid-19,” katanya.

Tebing Breksi

(Foto : @tebing_breksi/Instagram)

Langkah pertama yang mulai dilakukan yakni melakukan edukasi kepada para pelaku pariwisata maupun UMKM. Edukasi tersebut telah dilakukan dengan koordinasi secara online yang membahas tentang protokol kesehatan New Normal Pariwisata.

“Protokol Covid-19 harus ditaati, misalnya mewajibkan penggunaan masker. Untuk jip wisata yang dulu bisa membawa empat wisatawan, sekarang hanya dua wisatawan saja dengan mengatur jarak tempat duduk antar wisatawan,” katanya.

Wisatawan juga bakal menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki obyek wisata. Di sana nantinya akan ditempatkan petugas pemeriksa suhu tubuh dengan dilengkapi alat yang memadai.

Jika ada pengunjung yang suhu badan di atas normal, maka wisatawan akan dilarang untuk masuk. Selain itu tempat-tempat cuci tangan juga akan dipersiapkan, berikut sabun kebersihan sehingga wisatawan akan memasuki obyek wisata sudah dalam keadaan bersih.

“Petugas pengawas yang akan mengingatkan wisatawan juga ditempatkan. Mereka bertugas akan mengawasi dan mengingatkan kewajiban memakai masker, menjaga jarak saat di area kuliner dan lainnya,” tambah Sudarningsih.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini