New Normal Harus Sedia Hand Sanitizer, Coba Deh Buat Sendiri

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 26 Mei 2020 19:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 26 612 2219941 new-normal-harus-sedia-hand-sanitizer-coba-deh-buat-sendiri-1c9zV68Keo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH Kota DKI Jakarta memang telah memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB masih akan berlangsung hingga 3 Juni 2020.

Meski demikian, memang sudah beberapa daerah di Indonesia yang melonggarkan bahkan membuka kembali isolasi mereka. Pemerintah sendiri, menyebut situasi ini sebagai new normal setelah Pandemi COVID-19.

Ketika new normal ini terjadi, ada beberapa hal yang akan berubah, antara lain yakni kebersihan diri. Mencuci tangan pun akan menjadi kebiasaan baru di new normal ini.

Tapi, jika Anda tidak bisa menemukan sabun dan air mengalir, maka bisa digantikan dengan hand sanitizer. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba membuat hand sanitizer sendiri.

Nah, daripada penasaran sapa saja sih resep hand-sanitizer yang bisa dibuat sendiri di rumah? Merangkum WHO, Newyorkpost, berikut uraian singkat empat resep membuat DIY (do it yourself) hand sanitizer.

Campuran gel lidah buaya

Hand sanitizer

Bahan-bahan:

Gel lidah buaya

Isopropyl alkohol

Botol spray

Cara membuat: Campurkan kedua bahan dengan takaran, dua pertiga alkohol dan sepertiga gel lidah buaya. Masukkan ke botol spray sebagai wadah hand-sanitizer.

Sholihatus Sallama, teknisi laboran di Laboratorium Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Jember, jika kita terlalu banyak memakai hand sanitizer dapat memberikan dampak negatif. Contohnya untuk orang yang memiliki bakat alergi, kebanyakan memakai hand sanitizer dapat memicu munculnya gatal dan iritasi.

Sementara itu, Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk dari Department Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, pemakaian hand sanitizer memang dapat membuat kulit tangan jadi kering. Mengingat ada kandungan alkohol di dalamnya.

Keadaan kulit yang kering ini bisa berbahaya bagi orang yang mengidap diabetes, sebab orang dengan diabetes rentan mengalami luka begitu kondisi kulit tubuhnya kering.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini