Setelah Bepergian, Ini 6 Cara Mencuci Baju yang Benar agar Virus Corona Mati

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 21:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 194 2220613 setelah-bepergian-ini-6-cara-mencuci-baju-yang-benar-agar-virus-corona-mati-oSzVbUyiL7.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MENJAGA kebersihan pribadi semakin meningkat, semenjak pandemi corona (Covid-19) terjadi. Salah satunya dengan menjaga kebersihan pakaian .

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah menganjurkan agar menjaga kebersihan dengan rutin mencuci pakaian yang sudah dipakai. Sebab virus corona bisa bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari kain atau bahan, seperti pakaian.

cuci

Bagaimana cara mencuci dan mengeringkan pakaian, handuk dan linen tempat tidur, jika salah satu penghuni rumah dicurigai atau terkonfirmasi terjangkit Covid-19?

Berikut 6 cara mencuci pakaian agar terhindar dari virus corona setelah bepergian, dilansir Okezone dari laman Instagram @WhoIndonesia:

cuci baju

1. Cuci pakaian, handuk dan linen tempat tidur mereka terpisah dari yang lainnya.

2. Jika memungkinkan, gunakan sarung tangan heavy-duty sebelum memegang cucian mereka.

3. Jangan pernah membawa cucian kotor mereka dengan menyandarkannya ke tubuh Anda. Taruh cucian kotor mereka kedalam wadah anti-bocor seperti ember yang sudah diberi label.

4. Kikis sisa-sisa kotoran jika ada seperti muntahan atau fases, dengan benda yang pipih dan kuat tampung ke dalam wadah lalu buang ke dalam toilet pasien.

5. Cuci dan disinfeksi cucian kotor, gunakan mesin denga suhu 60-90 derajat dan detergen. Sebagai alternatif rendam cucian di dalam ember berisi air panas dan sabun. Gunakan tongkat untuk mengaduk jaga agar airnya tidak terpecik keluar.

Jika air panas tak tersedia bisa rendam cucian di dalam klorin 0,05% selama 30 menit.

Bilas dengan air bersih dan jemur cucian dibawah sinar matahari

6. Jangan lupa untuk mencuci tangan Anda setelah selesai mencuci.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini