5 Trik Simpan Bahan Makanan di Kulkas, Jangan Sampai Jadi Basi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 298 2220552 5-trik-simpan-bahan-makanan-di-kulkas-jangan-sampai-jadi-basi-iy76WmAsSK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMENJAK harus berada di rumah aja, banyak masyarakat Indonesia mendadak menjadi koki. Bahkan, temuan AC Nielsen baru-baru ini mendapati bahwa 49% masyarakat Indonesia lebih sering memasak di rumah saat wabah COVID-19.

Memang, untuk memerangi virus corona ini, salah satu yang dijaga adalah imunitas tubuh. Oleh karena itu, studi dari SurveySensum menyebut 47% konsumen Indonesia lebih sering mengonsumsi buah-buahan dan sayur mayur.

Selain itu, dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), frekuensi belanja kebutuhan sehari-hari pun tak bisa sesering dahulu, Anda pastinya cenderung berbelanja lebih banyak dari biasanya.

Lestari Pratiwi, Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia mengatakan lemari pendingin pun menjadi krusial, karena akan membantu menjaga kesegaran bahan makanan untuk asupan Anda dan keluarga.

"Sayangnya, belanjaan yang lebih banyak justru membuat kulkas jadi sesak, makanan di dalamnya sulit diambil, dan tanpa Anda tahu sudah rusak atau melewati masa kedaluwarsa. Penataan isi kulkas menjadi kunci,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

simpan di kulkas

Oleh karena itu, ada 5 trik agar kulkas Anda bisa menjadi tempat penyimpanan yang baik bagi bahan makanan Anda. Yuk disimak.

Cek isi lemari es

Buang yang sudah basi dan telat tanggal konsumsi. Tata penempatan berdasarkan tingkat kesegarannya. Letakkan bahan makanan yang harus segera diolah di area yang mudah dilihat dan terjangkau. Biasakan untuk membuka kulkas sebelum berbelanja agar Anda tidak overstocked dan kekurangan ruang simpan.

Simpan yang penting

Eits, ternyata tidak semua makanan tepat disimpan di lemari pendingin lho! Banyak yang beranggapan asal masuk kulkas, makanan menjadi lebih awet. Anda perlu tahu mana saja yang lebih baik disimpan pada suhu ruang.

Gunakan wadah transparan

Dengan demikian, Anda mudah menumpuknya untuk efisiensi ruang. Lebih dari itu, Anda bisa menemukan makanan dengan lebih mudah, tanpa perlu mengobrak-abrik isi kulkas. Cukup menatap kotak-kotak yang tembus pandang.

Taruh Label

Tidak ingat kapan potongan daging sapi itu Anda beli? Atau, kapan masakan buatan mertua tercinta mulai tersimpan di kulkas? Hindari risiko mengonsumsi makanan yang sudah tidak layak dengan memberi label tanggal pada kotak simpan. Pilih yang tidak mudah lepas, namun tetap aman ketika dicuci (atau bahkan yang bisa ditulis ulang) untuk penggunaan berikutnya.

Kenali fungsinya

Ketahui fungsi kulkas Anda, agar mendapatkan faedah yang maksimal. Bukan saja membantu penyimpanan lebih rapi, tetapi juga menjaga bahan makanan terjaga kesegarannya. Jika penyimpanan lega untuk menyimpan, maka kita akan asyik terus memasak, dan senang bisa terus sehat hadapi pandemi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini