Catat, 8 Makanan Ini Jangan Disimpan di Dalam Kulkas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 21:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 298 2220607 catat-8-makanan-ini-jangan-disimpan-di-dalam-kulkas-jZeHNXQ6bW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LEBARAN yang telah berlalu, mungkin menyisakan banyak bahan makanan yang belum sempat untuk diolah. Agar tetap awet, maka solusinya adalah dengan memasukan ke dalam kulkas.

Tapi jangan salah, ada beberapa makanan yang malah rusak loh jika disipkan di dalam kulkas. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan bahan makanan tersebut dari kulkas.

Lestari Pratiwi, Marketing Executive Bosch Home Appliances Indonesia mengatakan lemari pendingin memang bisa menjaga kesegaran bahan makanan untuk asupan Anda dan keluarga. "Sayangnya, belanjaan yang lebih banyak justru membuat kulkas jadi sesak,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Nah, berikut bahan makanan yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Roti

Menyimpan roti di lemari pendingin menjadikannya lebih cepat kering dan bertekstur keras. Rasanya pun berubah.

Selai coklat

Pasangan serasi roti, dan pasti jadi favorit Anda untuk sarapan. Menyimpan selai coklat di kulkas membuat ketajaman rasanya menurun. Juga, karena mengeras, jadi sulit dioleskan.

Tomat

Suhu dingin mengubah proses kimia dalam tomat sehingga mempengaruhi rasa dan kesegarannya. Simpan saja tomat di meja dapur Anda.

Bawang merah dan bombai

Bawang merah dan bawang bombai ternyata “kurang bersahabat” dengan kelembapan. Teksturnya melunak karena menyerap air lebih banyak dari suhu dingin kulkas.

Menyimpan makanan di kulkas

Bawang putih

Sering kan mendapati bawang putih tetap bertunas meskipun sudah Anda simpan di kulkas? Tidak hanya itu, suhu dingin juga membuat teksturnya menjadi kenyal dan rasa tajam berkurang.

Madu

Madu sudah mengandung pengawet alami. Rasa terbaiknya justru muncul ketika dibiarkan pada suhu ruang (asal tertutup rapat). Penyimpanan di kulkas justru mengkristalkannya, teksturnya mengental dan sulit diambil.

Pisang

Tergolong buah tropis, pisang cukup sensitif terhadap suhu dingin. Penyimpanan di kulkas membuat kulit pisang berubah warna (muncul semburat cokelat). Aroma khasnya berkurang dan rasa menjadi kurang enak.

Alpukat

Umumnya, alpukat yang Anda beli masih keras dan padat. Menyimpannya di kulkas malah membuatnya tidak segera matang.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini