New Normal, Tanpa Kesadaran Masyarakat Upaya Tenaga Medis Percuma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 14:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 27 481 2220332 new-normal-tanpa-kesadaran-masyarakat-upaya-tenaga-medis-percuma-jbzEd8w9zC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI virus corona Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 23 ribu orang di Indonesia menjadi perhatian serius pemerintah. Sayangnya penerapan new normal, masih banyak masyarakat nakal dengan melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Melihat tindakan masyarakat yang masih bandel dengan mengabaikan protokol kesehatan, Relawan Non-Medis, Vanessa Surya mengatakan bahwa tindakan mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan physical distancing seharusnya sudah menjadi kesadaran semua orang tanpa perlu diingatkan lagi.

“Pada dasarnya masyarakat harus memahami dan mengetahui sebahaya apa Covid-19 bisa tersebar dari jarak dekat. Saya berharap masyarakat New Normal nanti bisa paham tentang social distancing (Jaga jarak) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terang Vanessa, dalam siaran langsung di Graha BNPB, Rabu (27/5/2020).

"Kalau kita mengingatkan terus kan ada 257 juta jiwa di Indonesia dan kami relawan enggak mungkin akan cukup,” tambahnya.

Menurutnya, tidak ada kesadaran dari dalam diri masyarakat maka akan percuma saja. Yang jelas masyarakat harus bisa menjaga diri Jangan sampai tertular Covid-19, karena bisa menularkan ke orang lain.

Vanessa pun berpesan kepada masyarakat untuk selalu melihat perjuangan yang telah dilakukan oleh para tenaga medis di lapangan. Oleh sebab itu kesadaran masyarakat untuyk menjalankan protokol kesehatan harus ditanamkan. Jangan sampai perjuangan dan usaha keras dari para relawan medis sia-sia.

“Lihat perjuangan paramedis dan cara mereka jadi benteng pertahanan medis. Sebenarnya masyarakat (di new normal) adalah garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19. Keluar boleh asal penting,” tukasnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini