6 Langkah Mencuci dan Membersihkan Ikan Beku

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 18:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 28 298 2221092 6-langkah-mencuci-dan-membersihkan-ikan-beku-3yqwxwgIze.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Ikan selalu menjadi stok makanan yang tersedia di dalam kulkas. Kalau mau memasaknya, bagaimana cara mencairkan ikan beku dan membersihkan dengan benar ya?

Mengingat ikan mentah memicu banyak bakteri jika tak dibersihkan dengan benar, maka Anda harus menyimak baik-baik dalam mencuci ikan. Jika mencuci dengan benar, Anda juga bisa menghilangkan bau amis yang mengganggu.

Dilansir Okezone dari Ehow, berikut 6 langkah mencuci dan membersihkan ikan yang baru dikeluarkan dari kulkas. Yuk simak deh!

Cairkan ikan

ikan

Kondisi ikan yang membeku saat baru keluar dari freezer harus didiamkan selama bebeerapa menit. Tujuannya tentu untuk membuat ikan agar tidak beku dan mudah dimasak.

Bilas ikan

Setelah ikan tak lagi beku, segera bilas ikan dengan baik. Jangan sedikitpun menyisakan kotoran atau sisa darah yang menempel pada badan ikan.

Tempatkan dalam wadah

Setelah dibilas, lalu letakkan ikan di dalam wadah. Buang sisik ikan secara perlahan, tetapi bersihkan sisik tersebut dengan teliti.

Gunakan pisau tajam

Pakailah pisau yang tajam untuk mengiris ikan dari insang ke sirip ekor di bawah perut. Tapi, awas kena tangan ya!

Buang semua isi perut ikan

Jangan hanya membuang insang, Anda juga harus membuang isi perut ikan biar bersih dan enggak bau amis. Termasuk bagian lambung, paru-paru, dan organ lainnya.

Bilas lagi dengan air mengalir

Setelah dibersihkan sampai tuntas, bila segera ikan dengan air mengalir. Untuk menghilangkan bau amis, ikan dapat diberikan air perasan jeruk nipis dan garam, sebelum siap dimasak.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini