Cerita Ratri Anindya, Pasien Sembuh Covid-19 Donorkan Plasma Darah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 481 2220950 cerita-ratri-anindya-pasien-sembuh-covid-19-donorkan-plasma-darah-Jyi4q0c1Rn.jpg Ratri Anindya saat donor plasma (Foto : @ratrianindya/Instagram)

Peneliti di RSPAD Gatot Soebroto, Biofarma dan Lembaga Eijkman sedang mengembangkan terapi mujarab yang bisa sembuhkan Covid-19.

Metode tersebut adalah Terapi Plasma Konvelesen (TPK). Pasien sembuh Covid-19 mendonorkan plasma darah mereka untuk pasien Covid-19 dalam kondisi sakit berat dan kritis. Bagaimana caranya? Selengkapnya bisa disaksikan di Prime Show with Ira Koesno, Inews TV hari ini, Kamis 28 Mei 2020 pukul 18.30 WIB.

Sebelum menyaksikan acara tersebut, ada beberapa pasien sembuh Covid-19 yang telah menyumbangkan plasma darah mereka, salah satunya Ratri Anindya. Pasien 03 tersebut beberapa waktu lalu melakukan pengambilan plasma darah di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Lantas, bagaimana pengalaman Ratri menjalani donor plasma darah?

"Proses pengambilan plasma darahku berhasil dengan lancar dan ternyata nggak sebegitu menyeramkannya, lho. I know aku katro banget karena penakut banget sampai ibu harus pegangin tangan sebelah kiri supaya aku tenang dan santai," ceritanya di Instagram.

Pasien 03 Donor Plasma

(Foto: Instagram/@ratrianindya)

Kemudian, Ratri menceritakan kalau plasma yang diambil sebanyak 200 cc, prosesnya sekitar 1 jam. Dia pun mengungkapkan, saat proses pengambilan plasma ini, alat yang digunakan sudah didesain sedemikian rupa sehingga bisa langsung menyaring plasma dari darah yang diambil.

"Dengan alat khusus yang menyaring plasma darah dari darah merahku. Ternyata, memang sesuai penelitian tentang COVID-19 per hari ini, plasma darah orang yang sembuh bisa membantu penyembuhan orang lain yang sedang terpapar," terangnya.

Ratri yang merupakan penari itu menyarankan agar teman-teman yang sembuh dari COVID-19 untuk mau ikut menyumbangkan plasmanya demi kesehatan orang lain. Jika ingin bertanya terlebih dulu, dia pun membuka pintu selebar-lebarnya untuk menjelaskan prosedur atau pun teknik pengambilan plasma darah ini.

"Jadi, untuk teman-teman yang sudah sembuh atau akan sembuh, dan jika sudah benar-benar pulih dan berkenan untuk menyumbangkan plasma darah, kalian juga bisa," paparnya.

"Untuk teman-teman sesama COVID-19 survivor (pejuang COVID-19), yang tertarik bisa hubungi aku untuk tanya-tanya atau jika berminat ingin tahu bagaimana prosesnya, bisa juga langsung hubungi Unit Transfusi Darah di RSPAD Gatot Subroto. If we can help each other, why not, right?" tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini